Minggu, 30 Januari 2011

Lokasi Syuting Harry Potter

Beberapa  Lokasi Syuting Harry Potter
Inilah beberapa lokasi syuting Harry Potter di luar Studio Film Leavesden, Hertfordshire, Inggris.

Australia House, The Strand,  London (Bank Gringotts)
            Gringotts, banknya para penyihir. Bukan hanya uang saja yang disimpan di Gringotts. Di Harry Potter 7 , Bellatrix Lestrange juga menyimpan Pedang Gryffindor dan Piala Helga Hufflepuff di lockernya di Bank Gringotts. Aslinya,  tempat ini adalah   gedung Kedutaan Besar Ausrtalia  untuk  Inggris, yang  berlokasi di London.  Bank Gringotts mengambil lokasi di  sudut Aldwych and  Strand, Strand. Tempat ini tidak terbuka untuk umum. Gedung  dibangun pada tahun 1913.  Lokasi bagian dalam yang mewah  pernah digunakan  untuk syuting Harry Potter and The Sorcerer's Stone, di mana Harry sedang   mengambil uangnya  untuk membeli perlengkapan sekolah di Hoghwarts.
 

Rumah Di Martins Heron Bracknell, Berkshire (Number 4 Privet Drive)
            Di serie  Harry Potter and The Deathly Hallows,  Voldemort berencana menyergap Harry saat  Harry sedang berlibur di rumah keluarga Dursley. Aslinya, rumah keluarga Dursley di Privet Drive Nomor 4 adalah rumah biasa di Martins Heron Bracknell, Berkshire, Inggris.


London Zoo (The Zoo)
            Di kebun binatang inilah untuk pertama kalinya Harry Potter berbicara dengan ular.  Aslinya adalah sebuah kebun binatang bernama London Zoo, yang   terletak di tepi Regent's Park, London. Di kebun binatang ini terdapat  750 spesies binatang langka. London Zoo  adalah kebun binatang paling besar dan paling tua di Inggris. Kebun binatang ini  didirikan lebih dari 180 tahun yang lalu. Walaupun letaknya di jantung kota, di  London Zoo dihuni juga binatang-binatang buas seperti gorila, harimau dan singa.  Harimau Sumatera juga ada di sana lho. Di London Zoo kamu juga bisa melihat burung-burung langka yang didatangkan dari Afrka. Pinguin dari benua Antartika pun juga ada di sana. Terumbu karang  dengan panorama indah yang biasanya   kamu dapatkan di laut juga ada di sana. London Zoo dikenal sebagai kebun binatang ilmiah di mana  kamu bisa melihat langsung proses perubahan dari kempompong menjadi kupu-kupu. London Zoo  buka setiap hari, kecuali tanggal 25 Desember.

Perpustakaan Bodleian Oxford (Hoghwatrs Interior)
            Bagian dalam Sekolah Hoghwarts  mengambil lokasi syuting di  Perpustakaan Bodleian, yang   berlokasi di Broad Street, Oxford.    Gedung perpustakaan ini dibangun tahun 1602.  Di perpustakaan menyimpan buku-buku kuno  dengan teks yang masih kuno, asli  Kira-kira ada 8 juta naskah kuno tersimpan di perpustakaan Bodleian. Perpustakaan Bodleian adalah perpustakaan penelitian Universitas Oxford dan merupakan  perpustakaan paling tua di Eropa. Dia sering mengunjungi perpustakaan ini.

Christ Church, Oxford (Hoghwarts the Great Hall)
            Hall besar Hoghwarts adalah tempat di mana para siswa sihir mengadakan  pertemuan. Lokasinya mengambil tempat di Christ Churc, Oxford. Sekolah Hoghwarts juga mengambil lokasi di sini.   Christ Church adalah college dari Universitas Oxford. Christ Church merupakan satu-satunya college yang mempunyai  gereja  yang terletak dalam tembok  sekolah. Christ Church didirikan oleh  Raja Henry VIII pada tahun 1546. Sebanyak 13 Perdana  Menteri  Inggris pernah bersekolah di tempat ini. Kisah petualangan Alice in Wonderland juga mengambil syuting di  Christ Church.

Alnwick Castle, Northumberland (Sekolah Hoghwarts)
            Sekolah Hoghwatrs juga  mengambil  lokasi syuting di bagian luar  Alnwick Castle.  Adegan Harry dan teman-teman sekelasnya terbang pertama kali dengan sapu mengambil lokasi di kastil ini.  Kastil ini dulunya tempat kediaman Duke of Northumberland sejak tahun 1309.  Kastil  terbuka untuk umum  pada bulan April sampai Oktober. Kalau kamu berlibur  di Alnwick Castle layaknya berada di abad pertengahan. Karena kamu bisa menyaksikan cara berpakaian para ksatria di  abad pertengahan., yang diperankan oleh para pegawai kastil. Kastil ini juga pernah dipakai untuk lokasi syuting  film Robin Hood : Prince of Thives dan Robin of Sherwood. 

  
Magnificient Gloucester Cathedral (Hoghwarts  Koridor)

            Di film pertama, kedua dan keenam di mana Harry berlari-lari di koridor Hoghwarts, di sinilah mengambil lokasi syutingnya, Gloucester Cathedral. Katedral  didirikan pada abad  ke 17.  Terkenal dengan interior   gothic yang menakjubkan.  Gaya arsitekturnya diakui sebagai salah satu fitur paling indah di Inggris. Konon,  banyak pemuka agama yang tidak setuju  kastil ini dijadikan lokasi syuting Harry Potter karena ceritanya dianggap bertentangan dengan ajaran  agama.


King's Cross Station, London (Platform 9 3/4)
            Tak akan sampai ke sekolah Hoghwarts kalau tidak naik kereta dari Platform 9  ¾.  Aslinya adalah  peron yang terdapat   di Stasiun King's Cross. Stasiun  ini dibangun untuk Great Northern Railway untuk London. Sebetulnya Platform 9 dan Platform 10 tidak  bersebelahan, tetapi  dipisahkan oleh  2 rel kereta api. Ketika filmnya meledak, baru deh kedua  platform itu disandingkan. Biasanya sih untuk berfoto ria.

Stasiun Desa Goathland, Yorkshie Moor (Stasiun Hogsmeade)
            Hogsmeade adalah desa para penyihir. Dengan menggunakan kereta api, Harry dan teman-temannya   mengunjungi  Hogsmeade, lalu turun di Stasiun Hogsmeade.  Stasiun Hogsmeade aslinya  adalah stasiun kereta api North Yorkshire Moor Railway untuk desa Goathland.  Stasiun ini  hampir tidak berubah sejak dibuka pada tanggal 1 Juli 1865.  Tempat ini sekarang menjadi obyek wisata gara-gara film Harry Potter.

  
Leadenhall Market, London  (Diagon Alley)
            Diagon Alley adalah tempat berbelanjanya para penyihir beraliran putih. Tempat yang dipakai untuk lokasi Diagon Alley ini aslinya adalah Leadenhall Market. Arsitekturnya indah.  Pasar sudah ada sejak abad 18.  Renovasi  dilakukan  pada abad ke 19.  Kini pasar tersebut jadi obyek wisata.  Sabtu dan Minggu pasar ini tutup.

Pembrokeshire Wales (Shell Cottage)

            Lokasi syuting Harry Potter and The Deathly Hallows di luar studio Leavesden Film banyak dilakukan di Pembrokeshire, Wales. Shell Cottage, rumah Bill Weasly setelah menikah dengan Fleur Delacour, juga mengambil lokasi di Pembrokeshire, Wales. Tempatnya digambarkan sunyi dan indah.  Aslinya, rumah-rumah di daerah Pembrokeshires dibangun unik menyerupai rumah The Hobbit di film Lord Of The Ring. Rumah dibangun dari bahan-bahan alami yang diambil dari bahan-bahan yang ada di sekitar tempat tinggal. Temboknya terbuat dari batu lumpur. Jendelanya dibuat dari sampah-sampah.   Nggak heranlah kalau gaya rumah di  Pembrokeshire masuk dalam list rumah dengan arsitektur paling antik. Shell Cottage saja temboknya tersusun dari kerang-kerang besar,  dibangun di atas bukit, menghadap pantai Pembrokeshire.   Oh ya ... lokasi syuting penguburan Dobby, si peri rumah,  juga dilakukan di Pembrokeshire.  Daerah ini indah dan dijadikan obyek wisata. Penginapan di sana berkisar 2 juta rupiah per malam.

Glen Nevis (Background Quidditch)
            Lembah-lembah dan bukit-bukit hijau nan indah menakjubkan yang  melatar belakangi pertandingan Quidditch mengambil lokasi di Glen Nevis, Fort William,  Skotlandia. Lembah ini merupakan salah satu lembah yang paling indah di Skotlandia.   Sedangkan air terjun Stall Fall yang terletak di kaki gunung di Glen Nevis dipakai untuk syuting saat Harry Potter bertarung melawan naga. Glen Nevis adalah daerah wisata paling populer di Skotlandia. Di sana ada jembatan yang menghubungkan Mamore  dengan Mounns, Inggris. Jembatan itu terbuat dari kawat  dan dinyatakan sebagai  jembatan paling mengerikan di dunia.

10 komentar:

  1. postingan yg aku cari2 nih... lokasi syuting harry potter :)

    BalasHapus
  2. Ha ha .. iya .. Txs ya udah mau koment ... Harry Potter 7 keren abiez

    BalasHapus
  3. oya sekedar info nih sob kalau jk rowling itu ga kuliah di oxford tapi di universitas exeter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurholis : Txs bgt infonya. Nanti bisa ditambahkan kalau nulis profilnya. Sip, sip.

      Hapus
  4. Wuuhhuuuu thnks ya postngy hehehee aaah jdi kyk msuk k dunia sihir harry potter ƗƗe̲̅e̲̅('⌣')ƗƗe̲̅e̲̅('⌣') ​˚◦°•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho ho ho ... membuka kenangan lama bersama HP ya ....

      Hapus
  5. Hogwarts, bukan Hoghwarts :)

    BalasHapus