Minggu, 06 Februari 2011

Percaya Tidak? Kebiasaan Buruk = Kepribadian

Percaya Tidak? Kebiasaan Buruk = Kepribadian

                Hampir pasti setiap orang punya kebiasaan yang  bikin orang-orang di sekitarnya nggak nyaman. Sayangnya banyak orang tidak menyadari kebiasaan buruknya itu. Ada juga sih yang sadar, tapi malah cuek. Padahal  memperbaiki kebiasaan buruk itu sama dengan memperbanyak teman. lho Nih beberapa kebiasaan buruk yang bisa diperbaiki.

Meludah
Pertanda         Jorok, slebor,  tidak menghargai orang
Akibat             Menularkan penyakit, apalagi kalau lagi flu atau TBC
Penyembuhan Kunyah permen karet,  telan ludah yang mau dikeluarin, kemana-mana bawa air putih.


 Keterangan  Gambar     Koala  masuk dalam list hewan paling jorok. Bianatang asal  Australia yang lucu ini  makanannya  daun eucalyptus. Daun ini  diselimuti oleh racun. Ketika koala makan daun eucalyptus, hati (hepar) koala memisahkan racun yang terdapat dalam daun, sehingga tubuh koala tidak keracunan. Tetapi, bayi koala tidak mempunyai system pencernakan seperti pada induknya. Bisa langsung mati deh kalau bayi koala makan daun eucalyptus. Makanya, bayi-bayi koala makan muntahan daun eucalyptus  yang telah dimakan induknya. Dengan makan muntahan induknya, bakteri dari perut induk akan masuk ke bayi-bayi koala. Dengan demikian lama-kelamaan hepar koala kecil “terkontaminasi” bakteri penetral racun.

·     Memaki
Pertanda         Galak, tidak menghargai orang, tidak suka beribadah, gampang marah, emosian.
Akibat             Dijahui teman.
Penyembuhan Rajin beribadah, ganti makian dengan kata-kata sopan.


Keterangan  Gambar     Pit Bull salah satu anjing  paling pintar  dan pemberani. Pit Bull punya kelebihan dibandingkan jenis anjing yang lain. Anjing ini memiliki tenaga yang besar, tahan terhadap rasa sakit, pantang menyerah dan emosian alias cepat marah. Sebelum acara adu anjing dilarang, Pit Bull sering dipakai sebagai anjing petarung.  Pit Bull dapat me-nyabik2 manusia hingga mati. Tahun 1999 dilaporkan bahwa  33 korban jiwa karena gigitan anjing, di Amrik,  67 persen kematian adalah karena ulah Pit Bull.

·     Bergosip
Pertanda         Perasaan tak aman  karena risi terhadap situasi, nggak punya kerjaan, pemalas.
Akibat             Menyakiti orang lain, orang menilai negatif, nyinyir.
Penyembuhan Buat aktivitas sebanyak mungkin, menekuni hobi.



Keterangan  Gambar     Sloth salah satu binatang termalas. Binatang seukuran anjing kecil ini hidup di hutan pedalaman Amerika Selatan sampai Amerika Tengah. Jalannya lamban, kerjaannya tidur melulu. Dalam sehari Sloth menghabiskan  waktu 18 jam hanya untuk tidur, sisanya buat bermalas-malasan dan makan.
 
·     Mondar-mandir
Pertanda         Sedang cemas, bingung  tak tahu mau ngapain.
Akibat             Tidak bisa berpikir tenang, mengganggu orang sekitar.
Penyembuhan Ambil nafas dalam-dalam, yoga.


Keterangan  Gambar     Keberadaan semut memang mengganggu. Kawanan semut  mondar-mandir untuk  menimbun makanan di sarangnya. Binatang kecil ini termasuk salah satu binatang paling perkasa. Semut mampu mengangkat benda 10 kali berat dirinya, mampu menarik daun yang ukurannya 10 kali lebih besar dari tubuhnya.  Semut bergerak 24 jam sehari dengan kecepatan rata-rata 0,5 km/jam. Apabila diluruskan sarang semut mencapai panjang 7 km.  Oh ya, konon sarang semut hutan bisa menurunkan kadar kolesterol lho. 
 
·     Mengeluh
Pertanda         Tidak dewasa, tidak pernah merasa puas, kurang bersyukur
Akibat             Bikin panas kuping yang mendengarkan, dinilai negatif, dijauhi teman.
Penyembuhan Usahakan untuk selalu berpikir positif


Keterangan  Gambar     Tahukah kamu? Induk kucing  kalau lagi bete atau  nggak mau diganggu, suka mengeluarkan kalimat keluhan bernada marah. Coba deh tengok saat kucing sedang  menyapih anaknya. Dia akan mengeluarkan bunyi  “hrrrg”   bagi siapa pun yang berani mendekat.  Jika induk kucing sedang enak-enaknya tidur,  lalu diganggu,  si kucing  juga  akan mengeluarkan bunyi  “hrrg”, pertanda jengkel.  Pada dasarnya kucing binatang malas. Kalau nggak minta makan,  ya tidur.
·     Ngeloyor
Pertanda         Takut menghadapi kenyataan, nggak mau melibatkan orang lain, nggak mau    kompromi, egois, nggak pedulian.
Akibat             Memperburuk situasi
Penyembuhan Jadi volunteer


Keterangan  Gambar Gazelle adalah rusa gurun bertanduk panjang. Rusa  jenis ini banyak didapat di gurun-gurun  Afrika. Gazelle  kalau lari kenceng banget. Kecepatan larinya mencapai  80 kilometer perjam dan bisa tancap terus tanpa henti sampai 20 menit. Kalau ada harimau atau singa, seekor Gazelle langsung ngacir melarikan diri, mencari tempat perlindungan. Dengan kemampuan berlari yang sangat cepat itulah Gazelle mempertahankan diri. Yang unik dari seekor Gazelle adalah, ketika Gazelle berlari sangat cepat dan dalam waktu yang lama, suhu tubuh Gazelle menjadi sangat panas.  Nah, untuk mendinginkan  tubuh yang panas itu,  Gazelle mempunyai sistim pendingin  yang terletak di sisi kanan kepalanya. Jadi, sebelum manusia menemukan AC,  seekor Gazelle sudah dilengkapi dengan AC.

·     Arogan
Pertanda         Takut kesaing,  punya kekurangan yang pengin ditutup-tutupi,  tidak rendah hati, biasanya pamrih.
Akibat             Dijauhi teman, dicibir banyak orang
Penyembuhan Sadarilah di dunia ini banyak orang yang punya kemampuan lebih dari kamu 


Keterangan Gambar      India adalah rumah dari seperempat populasi sapi dunia. Populasi ini menjadi bertambah banyak dari tahun ke tahun karena di India, khususnya umat Hindu,  menganggap  bahwa sapi adalah binatang suci yang tak boleh dibunuh. Orang India menganggap sapi adalah binatang rendah hati  karena mampu memberi hidup kepada manusia.  Sapi terus melayani manusia tanpa pamrih. Mulai dari dagingnya, susunya dan  tenaganya dibutuhkan manusia. Bahkan sapi dianggap sebagai ibu ke 2 manusia karena susu sapi  diminum banyak orang.
·     Memotong pembicaraan
Pertanda         Nggak ngeh yang sedang dibicarakan, nggak nyimak, nggak smart.
Akibat             Bikin jengkel
Penyembuhan Dibiasakan untuk selalu mendengarkan dengan seksama


Keterangan Gambar      Hachiko dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikannya. Setiap pagi Hachiko mengantar majikannya, Prof. Ueno ke stasiun Shibuya. Sorenya,  Hachiko mejemput majikannya di tempat yang sama. Ketika majikannya meninggal saat mengajar, Hachiko masih setia menunggu sang majikan. Sampai akhir hayatnya Hachiko masih menunggu  sang majikan  di Stasiun Shibuya. Kisah Hachiko di filmkan dalam sebuah film yang berjudul : Hachiko : A Dog’s Story pada tahun 1987 dan didaur ulang di Amerika tahun 2009.  Kini patung Hachiko masih bertengger di depan Stasiun Shibuya. Hachiko adalah anjing setia, smart  dan pendengar yang baik.

·     Membual
Pertanda         Nggak pede bergaul, biasanya licik.
Akibat             Membuat orang jadi ilfil
Penyembuhan Bersikap tulus


Keterangan Gambar  Menurut legenda Jawa, pelanduk adalah binatang cerdas yang  pandai mengakali musuhnya.  Pelanduk atau kancil  punya sifat yang sangat licik. Si Kancil bahkan rela mengorbankan temannya demi meloloskan diri dari bahaya yang mengancamnya. Tetapi menurut  kitab suci, pelanduk adalah binatang kecil  dan lemah  yang bisa membuat rumah  di bukit batu, Di bukit batu itulah  pelanduk bersembunyi dari kejaran binatang buas.

·     Ngomongin orang
Pertanda         Tidak setia kawan,  tegaan
Akibat             Dibilang nyinyir, mau tau perkara orang
Penyembuhan Banyakin kegiatan.


Keterangan Gambar      Pinguin adalah binatang paling setia. Pinguin  setia terhadap pasangannya dan setia terhadap kawannya.  Seekor Pinguin tak akan selingkuh. Walau terdapat ribuan penguin di sekitarnya, seekor pinguin tetap bisa menemukan pasangannya melalui suara yang diteriakkan pasangannya.. Pinguin akan marah jika kelompoknya diganggu oleh kelompok lain. Pinguin adalah binatang yang paling setia kawan.

·     Berdecak
Pertanda         Nggak pernah merasa puas, tidak menghargai teman, merasa diri paling oke
Akibat             Membuat orang tersinggung, melemahkan mental teman
Penyembuhan   Berhentilah berdecak sebelum orang lain melakukannya terhadapmu.


Keterangan Gambar      Berdecak yang dimaksud bukan berdecak karena kagum.  Berdecak karena jengkel mirip dengan suara cicak. Tahukah kamu mengapa seekor cikak bisa menempel di langit-langit? Telapak kaki cicak mempunyai rambut-rambut yang sangat kecil disebut spatula. Jumlahnya mencapai milyaran.  Ketebalannya hanya sepersepuluh tebal rambut manusia. Ketika cicak merayap di dinding, spatula menyelip di antara atom-atom lapisan dinding dan membentuk ikatan agar bisa menempel kuat di dinding. Meskipun telapak kaki cicak  merekat pada permukaan yang diinjaknya, cicak tetap lincah bergerak. Dalam hitungan satu detik, cicak dapat menempelkan dan melepaskan kakinya sebanyak 30 kali. Dalam satu detik, cicak dapat berjalan sejauh 15 kali panjang badannya.

·     Membocorkan rahasia
Pertanda         Tak bisa dipercaya, ember
Akibat             Merugikan orang, memecah-belah teman, teman nggak mau curhat
Penyembuhan Cari sisi positif orang lain,  biasakan untuk memberikan pujian


Keterangan Gambar      Bagaimana bisa burung Beo dapat menirukan ucapan manusia? Jawabnya  sederhana,  karena burung Beo punya bakat meniru.  Nah, hati-hati ya curhat sama burung Beo, bisa gawat tuh.

NB : Gambar tidak ada hubungannya dengan artikel.  




2 komentar:

  1. sdh pnh pelihara pitbull bos ? biasanya hanya org2 yg hanya mendengar lalu bercerita bahwa pitbull adalah anjing yg berbahaya ! tpi klok org yg sdh pnh pelihara pitbull , dia akan tau karakter pitbull itu bagaimana di bandingkan dengan anjing2 lain.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Anonim : ha ha ... aku blom pernah pelihara anjing pitbull. Kalau Anda tahu tentang anjing pitbull, apalagi pernah memeliharanya, share dong di Teenage-Corner. Dengan senang hatui saya akan memuat artikelnya. Ditunggu lho. Btw, txs banget ya udah mau singgah di blog aku. Txs.

      Hapus