Selasa, 19 Juli 2011

Negara - Negara Yang Kaya Dengan Sumber Air Panas

            Hot Spring (mata air panas) adalah sumber air yang muncul akibat  air tanah dari  perut Bumi terdorong ke atas  karena aktivitas gunung berapi atau batu-batuan di perut Bumi.  Suhu air yang dikeluarkan mata air tersebut bervariasi antara 37 derajad Celcius hingga mencapai 98 derajad Celcius. Sumber air panas ini sudah ada sejak 20 hingga 40 juta tahun yang lalu. Di dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung banyaknya. Ada juga sumber air panas di dasar laut dan di bawah samudra. Air panas yang keluar dari sumber air panas ini biasanya mengandung mineral tinggi, seperti kalsium, belerang, litium, dan radium. Mineral ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit. Itulah mengapa orang membangun spa dan pemandian air panas untuk tujuan  pengobatan sekaligus untuk rekreasi. Negara-negara yang  mempunyai banyak hot spring adalah Indonesia, Islandia, Selandia Baru, Chili, Amerika, Kanada, Taiwan dan Jepang. Di bawah ini beberapa di antaranya.

Jigokudani  Hot Spring


Sumber Air Panas di Indonesia
Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan Cincin Api Pasifik. Maka itulah di Indonesia banyak sekali gunung berapi. Itulah juga mengapa di Indonesia banyak terdapat sumber air panas. Sumber-sumber air panas di Indonesia antara lain terdapat di Cisolok (Pelabuhan Ratu), Ciater (Subang), Maribaya (Lembang), Cipanas (Garut), Semurup (Jambi), Gemulak (Muara Enim), Baturaden (Malang), Parang Wedang (Yogyakarta), Tretes (Surabaya), dan Banyuwedang (Bali), Pantai Tabololo (Ternate), Cilimus (Cirebon)   dan masih banyak lagi. Di Indonesia sumber air panas sebagian besar baru dipergunakan sebagai obyek wisata. Orang-orang berpiknik bisa sambil berendam dalam air panas yang suhunya rata-rata 34-40 derajat Celcius.  
Di sumber air panas Semurup  Jambi, orang-orang memanfaatkan air panas untuk merebus telur dan pisang. Sedangkan sumber air panas di Parang Wedang Bantul airnya mengandung zat kimia dengan konsentrasi tinggi. Pemandian air panas di Baturaden Jawa Tengah terdapat petilasan Mbah Tapa Angin. Petilasan ini sering dipergunakan orang untuk bersemedi. Sumber air panas di Banyuwedang Buleleng Bali merupakan sumber air panas yang terletak di pantai. 

Semurup Jambi Hot Spring
Cipanas Hot Spring

 Sumber Air Panas di Jepang
            Jepang juga berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Jepang memiliki paling banyak onsen (mata air panas) di seluruh dunia. Di Kokonoe terdapat 303 onsen. Di Oita terdapat 4.762 sumber air panas. Di Tamagawa terdapat sumber air panas yang paling panas, 98 derajat Celsius.
Kawasan onsen yang menjadi favorit pelancong adalah Jigokudani Hot Spring di Nagano. Di sana para wisatawan menikmati berendam air panas bersama para kera sambil mengamati perilaku lucu kera-kera. Diperkirakan ada ratusan kera Jepang (Macaques) tinggal di Lembah Neraka dekat kawasan itu. Tempat itu dinamakan Lembah Neraka karena lembah tersebut tertutup salju selama empat bulan dalam setahun, tebing-tebingnya kasar,  di dalamnya terdapat sumber air panas yang bisa meledak kapan saja. Walaupun menyeramkan kera-kera tetap kerasan tinggal di Lembah Neraka. Sedangkan di Beppu terdapat 2.850 sumber air panas dan merupakan kawasan onsen paling besar di Jepang. Airnya berwarna merah sehingga disebut Blood Pond Hell.
Di Beppu juga ada Taman Neraka atau Umi Jigoku yang airnya panas banget. Jangan coba-coba berendam di sini kalau tak ingin kulit melepuh. Kolam panas di sini mengepulkan asap berwarna putih tebal dengan air berwarna biru kobalt. Di sebuah hotel di Beppu bahkan menyediakan onsen buat  wisatawan yang tidak takut malu. Pasalnya berendam di hotel ini tidak boleh menggunakan pakaian, walaupun pakaian  renang. Jadi harus bener-bener polos tanpa busana. Tapi jangan salah ya, onsen untuk cewek dipisahkan dari cowok pastinya. 

Mencari kutu di Jigokudani
Beppu Hot Spring











Sumber Air Panas di Amerika
            Di Amerika terdapat banyak sumber air panas yang besar-besar dengan suhu yang sangat panas. Antara lain Emerald Spring di Wyoming bersuhu 78 derajat Celcius, Mammoth Hot Spring suhunya mencapai 77 derajat Celcius. Sumber air panas  Mammoth setiap harinya mengalirkan Calcium Carbonat sebanyak 2 ton per hari. Sedangkan Glenwood Springs adalah sumber air panas terbesar di dunia yang terdapat di Glenwood Colorado, AS.
The Grand Prismatic Springs, adalah sumber air panas terbesar nomor 3 di dunia dengan luas  70 hektar dengan kedalaman 49 meter, panasnya mencapai 71 derajat Celcius. Uniknya, sumber air panas Grand Prismatic Springs adalah pinggiran danaunya terdiri dari berbagai macam warna, hijau,  merah ngejreng, kuning dan jingga. Konon warna-warna itu muncul sebagai reaksi antara ganggang dan bakteri dengan mineral. Reaksi ini  setiap musim menimbulkan warna yang berbeda. Pada musim semi sisi air berwarna merah cerah. Musim dingin berwarna hijau gelap. Musim panas sisi air berwarna merah oranye. Sedangkan bagian tengah danau berwarna kebiruan dengan kondisi steril karena panas banget. 
Di Glenwood Springs Colorado terdapat sumber air panas paling besar di dunia. Di Silex Springs Fountain Paint, air panasnya mengandung Silica. Pemerintah Amerika  memanfaatkan panas Bumi ini sebagai pembangkit tenaga listrik yang kini sudah dipergunakan di berbagai tempat di Amerika. 

Mammoth Hot Spring
Grand Prismatic Hot Springs











Sumber Air Panas di Islandia
             Islandia adalah negara dengan pemandangan alam yang luar biasa ekstrim. Di sana ada padang rumput yang luas, debu vulkanik, pegunungan, ngarai dengan lembah yang curam, sungai es yang sangat dingin, serta sumber air yang paling panas di dunia. Islandia adalah salah satu tempat di dunia yang mempunyai banyak gunung berapi yang masih sangat aktif. Nggak heran jugalah kalau di Islandia  banyak terdapat sumber air panas. Sumber air paling panas terletak di Deildartunguhver. Suhu airnya mencapai 97 derajat Celcius.
Pemerintah Islandia menyalurkan panas Bumi ke negara-negara tetangga melalui pipa-pipa.  Nggak heran kalau  95 % tenaga listrik di Islandia menggunakan tenaga geothermal. Di sana tidak ada polusi.   PBB pun  menetapkan Islandia sebagai negara paling bersih di dunia. Di Reikjavik, ibukota Islandia terdapat geyser (mata air panas yang menyemburkan air dan uap panas secara periodik) yang menyemburkan air panas setinggi 61 meter setiap menit. Sedangkan tempat pemandian air panas yang terkenal di Islandia adalah The Blue Lagoon Spa, di Grindavik. Tempat ini merupakan rekreasi yang paling rame dikunjungi. Blue Lagoon Spa merupakan danau buatan yang airnya dipanaskan dengan pembangkit listrik dari panas Bumi. Suhu air Blue Lagoon Spa sekitar 40 derajat Celcius, banyak mengandung mineral. Orang berendam di sana untuk terapi kesehatan, ada juga yang untuk menghilangkan stres. Waktu yang paling baik mengunjungi Blue Lagoon Spa adalah Juli sampai Agustus karena cuacanya hangat, tidak bersalju, bunga-bunga sedang bermekaran. 

Blue Lagoon
Deildartunguhver Hot Spring









Sumber Air Panas Kanada
            Kanada termasuk negara yang mempunyai sumber air panas terbanyak didunia. Sumber air panas paling banyak terdapat di di British Columbia. Salah satu sumber air panas yang terkenal di British  Columbia adalah Ainsworth Hot Spring yang terletak di desa Kootenay.  Sumber air panas tersebut terdapat di dalam gua yang berbentuk  tapal kuda. Mata airnya  berasal di daerah Gua Cody,  yang terdapat di sebelah barat  Ainsworth Hot Spring  yang letaknya lebih tinggi. Air panas dari Gua Cody masuk ke dalam Ainsworth Hot Spring melalui batuan berpori  sedalam 1,5 hingga 2 kilometer,  lalu menetes dari atap gua  Ainsworth Hot Spring,  hingga membentuk kolam dengan kedalaman sepinggang. Air panas tersebut berganti 6 kali dalam sehari sehingga  air tidak berbau dan nyaman buat berendam. Ada juga sumber air panas yang mengandung radium. Namanya Radium Hot Springs. Sumber air panas tersebut terletak  di desa Radium Hot Springs, sebelah Timur  Kootenay, British Columbia, Canada. 

Ainsworth Hot Spring 
Radium Hot Spring








2 komentar:

  1. wah sumber air panas memang dahsyat ,.... beberpaa kali aku mandi di kolam renang air pnas alami ...

    BalasHapus
  2. Argent : iya nih .. di mana aja? sayang ya di indo banyak sekali sumber air panas, tapi blom dimanfaatin sebagai sumber tenaga listrik .. Txs bgt yah komentnya ..

    BalasHapus