Selasa, 27 September 2011

Pakai Braces Tambah Cool



            Braces, behel atau kawat gigi  kini sudah jadi fashion. Selebritis papan atas pun  tak malu-malu pakai braces. Bahkan dengan sengaja mereka memperlihatkan senyum bracesnya saat difoto. Cek, cek, cek .... Braces  dengan karet warna-warni membuat senyuman tambah cool, begitu agaknya.  Braces, selain membuat susunan gigi menjadi rapi dan teratur juga membuat rahang berdiri pada tempatnya sehingga membuat si pemakai bertambah cantik dari sebelumnya. Ini bener lho! Tetapi pemakaian  braces  yang tidak benar malah membuat masalah bagi  kesehatan gigi. Maka itu kalau mau pasang  braces jangan sembarangan, mesti datang ke ahlinya. 

Gigi dengan braces

Mengapa Pakai Braces
Mesti pakai braces
          Keharusan memakai  braces bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu karena susunan gigi berantakan, gigi tonggos, gigi nyameh,  gigi bertumpuk dan  letak tulang rahang yang tidak benar. Ketidakteraturan  pada susunan gigi  bisa membuat bentuk rahang tidak proporsional. Nah, dengan tehnologi braces masalah  yang membuatmu tidak percaya diri itu bisa teratasi. Gigi yang bersih dan rapi berhubungan erat dengan kesehatan. Gigi yang berantakan kemungkinan besar membuat gigi cepat berlubang. Hal itu karena ada sela-sela diantara  gigi geligi yang sulit dibersihkan sehingga   dijadikan “rumah” bagi sisa-sisa makanan. Sisa-sisa makan  kalau tidak dibersihkan akan menjadi plak dan kemudian menjadi karang gigi. Kehadiran kuman Lactobacillus acidophilus  mengubah sisa makanan   tersebut menjadi asam, yang akan menggerogoti gigi sehingga gigi menjadi berlubang atau karies. Kalau karies ini tidak segera diobati, maka kuman akan menembus tulang gigi dan pada akhirnya merusak syaraf gigi sehingga membuat gigimu terasa ngilu. Bakteri lain yang menjadi penyebab kerusakan gigi adalah Streptococcus mutans. Bakteri pembusuk ini menyebabkan infeksi pada jaringan gusi, yang kemudian masuk ke dalam aliran darah yang berakibat peradangan di bagian tubuh lain seperti pada otot jantung, ginjal, sendi, mata dan sakit kepala berkepanjangan. Pemakaian braces akan mengembalikan  gigi-geligi tertata pada tempatnya sehingga memudahkanmu untuk menyikat gigimu.  Namun, walaupun gigimu sudah rapi, kamu wajib menyikat gigimu 3 kali sehari  sehabis makan.


Pasang  Braces Ke Dokter Spesialis Orthodonti
Dakota Fanning
        Jangan sembarangan pasang braces. Pergilah ke dokter gigi yang mengambil spesialis   braces atau spesialis Orthodonti. Sebab sekarang ini banyak dokter gigi yang cuma mengambil kursus   braces saja.  Memasang  braces harganya mahal.  Jadi kamu mesti tanya sana sini lebih dulu sebelum kamu memutuskan memakai   braces . Banyak kasus  terjadi bahwa  setelah  memakai kawat gigi bukannya  susunan gigi menjadi lebih baik, tapi malah bermasalah. Pemasangan  braces yang salah bisa menyebabkan  kerusakan syaraf dan tulang rahang.
             “Kalau  kesalahan dalam tindakan  mengenakan  braces sudah  berat maka  sulit untuk  dibetulkan  lagi,” kata Drg. Evie Lamtiur, Spesialis  Orthodonti yang juga dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (B), Jakarta.  
Gigi yang susunannya berjejal-jelal  juga belum tentu harus dicabut.   Braces akan  merapikan
gigi pada posisi yang benar.  Dokter gigi ahli Orthodonti yang tahu gigi tersebut dicabut atau tidak. Hati-hati, banyak dokter gigi yang asal cabut gigi saat pemasangan  braces, padahal gigi  tidak perlu dicabut. Akibatnya susunan gigi malah menjadi tidak manis karena ada rongganya.
            Braces ada di mulut kamu sepanjang hari dan dan dalam jangka waktu cukup lama.  Jadi  bahan dan pemakaian braces mesti terjamin kebersihan dan kwalitasnya. Pastikan  bahan braces tidak menimbulkan racun, tidak berkarat, tidak berubah warna dan  tidak menimbulkan iritasi pada gusi.  Gigi adalah aset seumur hidupmu. Kamu mesti  menjaga dan merawatnya.


  
Kapan Memakai Braces
            Menurut Dokter Gigi Evie  Lamtiur  braces bisa dipakai sampai usia tua. Namun   perawatan gigi yang baik yang baik bisa dimulai pada usia 7-8 tahun. Orthodontist  akan  melakukan screening apakah perlu dilakukan perawatan dini atau tidak. Keuntungan pada perawatan dini adalah dokter bisa melakukan modifikasi pada pertumbuhan rahang karena pasien masih dalam taraf tumbuh kembang. (Hmm .. mungkin juga ya kalau dilakukan perawatan gigi sejak dini maka rahang akan  berdiri pada posisinya sehingga kelak ketika remaja si pasien  bertambah cantik) 
Pakai braces sejak kecil
Nah, kalau   braces sudah terpasang kamu mesti rajin kontrol ke dokter gigi yang merawatnya, paling tidak 3 minggu sekali. Selain itu pasien harus mejaga giginya agar selalu bersih. Pastikan saat menyikat gigi tak ada sisa makanan yang tertinggal. Dokter akan memberikan sikat gigi khusus bagi pasien yang memakai braces.   Rasa sakit pada pemakaian  braces akan timbul  24-72 jam setelah aktivasi. Setelah masa itu gigi akan terasa lebih baik. Rasa sakit ini  bisa diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit atau menggunakan lilin khusus yang diletakkan di bagian kawat gigi yang kasar, penyebab timbulnya  sariawan. Jadi kamu tidak  perlu khawatir kesakitan karena pemakaian braces



Lama Perawatan
Ganteng dengan braces
            Gigi yang sudah dibraces  akan  tertata normal  sekitar 2-3 tahun. Tetapi walaupun gigimu sudah rapi kamu tidak boleh melepaskan   braces dengan sesuka hati. Diperlukan penggunaan alat retainer sampai beberapa bukan untuk menjaga agar posisi gigi pada rahang tertata kuat pada tempatnya. Kalau kamu mencopot braces dengah sembarangan, kemungkinan besar gigimu akan berantakan lagi. Sayang kan sudah mengeluarkan banyak biaya? Doter gigilah yang menentukan  kapan kamu boleh mencopot  bracesmu.  Selama memakai kawat gigi  kamu juga mesti memperhatikan asupan makananmu.  Dianjurkan untuk tidak makan makanan yang lengket seperti permen  karet dan makan camilan yang keras seperti kacang.
    ” Kawat gigi berfungsi untuk merapikan gigi dan agar gigi stand up pada tempatnya. Setelah memakai braces letak gigimu akan menjadi lebih baik dan mengubah bentuk wajahmu secara proporsional. Senyum akan terlihat lebih indah karean posisi gigi yang tertata dengan baik. Selain itu posisi dagu dan bibir juga terbentuk lebih baik,  ” tambah Drg. Evie Lamtiur Pakpahan, Sp. Ort.
 

Biayanya
Warna-warni karet braces
            Karet dan ring braces tersedia dalam berbagai macam warna. Kamu tinggal pilih warna apa yang kamu suka atau kamu sesuikan dengan acaramu. Misalnya kalau hari  Valentine kamu bila bilih karet  yang berwarna  merah atau pink. Bagi kamu yang aktif dalam program lingkungan hidup bisa pilih warna hijau.  Kawat gigi yang berwarna-warni itulah yang konon membuat daya tarik  tersendiri bagi pemakai kawat gigi.  Braces yang dulu berfungsi untuk merapikan gigi geligi kini telah bergeser fungsinya lebih ke life style atau fashion. Bahkan banyak orang yang giginya tidak terlalu bermasalah, pengin juga pakai  braces. Para aktris dan aktor pun tak  malu-malu pakai braces. Mereka adalah Nicholas Cage, Tom Cruise, Daniel Radcliffe, Dakota  Fanning,  Chelsea Olivia dan banyak lagi.  
Soal harga memang agak mahal dan bervariasi, sekitar Rp. 7 – 10 juta.  Harga ini tergantung dari berat dan ringannya kelainan rahang, jenis perawatan orthodonti yang digunakan  dan tempat praktek dokter. Hati-hati dengan perawatan gigi yang ditawarkan murah. Survey lebih dulu supaya kamu tidak menyesal.  Namun yang pasti, datanglah ke ahlinya, Orthodontist.


Alamat Praktek Drg. Evie Lamtiur Pakpahan, Sp.Ort
Drg. Evie di kliniknya
      ·         Jln.Barkah No. 22 RT 012 RW 03, Jakarta Selatan (masuk dari Jl.  
            Dr. Saharjo) Kec. Tebet, Kel Manggarai Selatan
      Phone : 081380289949
      ·         Rumah Sakit Mitra Keluarga Cikarang
     Jln. Industri Raya, Lemah Abang, Cikarang
     Phone  : 021 89840500, 898 40 900
      ·        Universitas Prof. Dr. Moestopo (B)
     Fakultas Kedokteran Gigi
     Jln. Bintaro Permai Raya No. 3
     Jakarta Selatan
     Phone  :   021 73885254
           
Credit foto     Ace Suhendar

           
           

5 komentar:

  1. Dokter Evie
    ak mau pasang behel , kalau pasang di RS pastinya mahal :D , mau yg gk terlalu mahal dong dok :D, dokter prakteknya jauh jg iya... itu di Jl.Tebet Dalam ya ?
    kalau di cikarang hanya di RS.Mitra y dok ?
    di tunggu infonya y dok
    vivy_2011@yahoo.com
    trims

    BalasHapus
  2. Anonim ; Dek, kamu bisa telpon ke nomor telepon yang TC kasih. Mungkin kamu bisa nego dengan dokter Evie soal harga. Dijamin kamu nggak bakal nyesel kalau pasang behel dengan dokter Evie. Dokter Evie bener-bener ahlinya. oiya, mungkin kamu bisa pasang behel di Universitas Dr Moestopo tempat dokter Evie mengajar. Biasanya kalau di sekolahan harganya bisa miring. Coba saja.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. kalau dirumah sakit mitra keluarga biayanya berapa ya dok? tolong dijawab, terima kasih. idounge@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miss a : Dek, kamu bisa telepon ke nomor yang TC kasih (di bawah artikel). Nomor telepon itu adalah alamat praktek Drg Evie Lamtiur Pakpahan Sp.Ort

      Hapus