Senin, 05 Desember 2011

SCHOLARSHIP - Beasiswa Luar Negeri Cara Smart Mendapatkannya


            Terimakasih kepada negara-negara yang telah memberikan beasiswa kepada putra-putri terbaik.

            Sekolah di luar negeri bukan hanya milik mereka yang punya duit. Kamu yang  pengin banget sekolah di luar negeri tapi dana minim bisa kok mendapatkannya melalui jalur  bea siswa. Namun, beasiswa sekolah di luar negeri sangat langka.  Dalam satu tahun anak-anak yang mendapatkan beasiswa di luar negeri  hanya bisa dihitung dengan jari. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan beasiswa itu dengan caramu sendiri.  Syaratnya, kamu harus mempersiapkan dirimu  sejak dini.  Mari kita belajar.

Siapkan Prestasi Sejak Dini (SMP)
Berprestasi sejak dini
-  Kamu mesti punya prestasi akademik yang bagus sejak SMP.   Usahakan untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Pastikan tidak ada angka merah (kurang 6) di rapor kamu. Perlu  kamu ketahui, beberapa sekolah bonafid  di luar negeri mensyaratkan copy rapor mulai dari  SMP untuk aplikasinya.
- Kalau kamu kurang di salah satu atau  beberapa mata pelajkaran, ambilah les prifat untuk mendongkrak prestasi kamu.
-  Gali bakat kamu sejak dini hingga kamu remaja (SMA).  Bakat itu bisa seni (menyanyi, menari, melukis ), olahraga dan lain-lainnya. Ikuti berbagai macam lomba dan usahakan untuk mendapatkan piala atau penghargaan. Simpan penghargaan itu dan buatlah daftar. Jangan lupa membuat dokumentasi kumpulan foto-foto baik saat berlomba maupun saat kamu menerima piala atau penghargaan. Kelak, dokumentasi  tersebut akan kamu butuhkan untuk mendapatkan bea siswa.
- Ikuti berbagai macam kegiatan di sekolahmu, mulai dari ekstra-kurikuler sampai event-event tertentu seperti Pensi (Pekan Seni), Anniversary Cup,  atau kegiatan di luar sekolah yang menunjang prestasi kamu seperti lomba-lomba antar sekolah, tingkat propinsi, tingkat nasional.
- Kursus  bahasa Inggris sejak dini. Karena belajar di  luar negeri kamu harus  menguasai bahasa Internasional (Inggris).
- Manfaatkan waktu mudamu untuk sebanyak-banyaknya mendulang prestasi.

Ketika SMA
- Pilih jurusan yang cocok yang kamu mampu menguasai semua mata pelajaran sehingga kamu bisa mendapatkan angka paling top. Lagi-lagi, pastikan jangan sampai ada angka merah (dibawah 6).
- Tetep tekun menggali prestasi sembari mengumpukan penghargaan atau piala sebanyak-banyaknya. Bikin list dan dokumentasikan
- Pertajam bahasa Inggris. Cari kursus dengan guru asing agar kamu mengerti soal-soal  bahasa Inggris (TOEFL) yang diberikan secara lisan.
- Jangan tergiur dengan hura-hura atau hangout. Manfaatkan masa remajamu.

Ketika Apply
- 1 tahun sebelum lulus SMA, kamu mesti mencari-cari sekolah di luar negeri yang bakal kamu tuju. Karena sekolah di luar negeri itu membutuhkan persyaratan yang agak rumit.  Kamu mesti  mempersiapkannya jauh-jauh hari. Tentu, kamu tidak bisa mengerjakannya sendiri karena kamu sudah disibukkan oleh pelajaran-pelajaran sekolah. Oleh karena itu  minta tolong orangtuamu untuk terlibat langsung.  Orangtua memang punya peranan penting dalam hal ini.
Libatkan orangtua
-  Berhubunganlah dengan pusat kebudayaan dari kedutaan-kedutaan besar negara sahabat yang ada di Indonesia. Bagi yang akan sekolah di USA, datanglah ke AMINEF (America-Indonesia Education Foundation), yang berkantor di Gedung Balai Pustaka dekat Atrium Senen. (Phone : 021 3452024)  Di sana kamu bisa mengetahui sekolah-sekolah di Amerika yang terakreditasi, lengkap dengan informasi penting lainnya, termasuk perkiraan biaya hidup di sana. Sebaiknya kamu menjadi member AMINEF, member fee untuk setahun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan fasilitas yang kita dapatkan untuk mengakses informasi yang kamu inginkan. Sebagai member kamu bebas meminta informasi, konsultasi, dan kamu akan dilayani dengan baik. Juga kamu akan mendapatkan Buku Katalog berisi informasi lengkap tentang Seluruh Universitas dan College di Amerika Serikat. Sesekali sebaiknya kamu sempatkan datang sendiri ke AMINEF karena seringkali ada informasi yang hanya di pasang di papan pengumuman tentang beberapa universitas di USA yang sedang memberikan beasiswa. Hari kerja AMINEF Senin sampai Jumat. Namun, ada satu kali Sabtu dalam sebulan AMINEF buka, biasanya Sabtu pertama setiap bulan. Di sini kamu akan diberitahu syarat-syarat  yang diperlukan untuk sekolah di luar negeri sehingga kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari.
- Setelah  kamu mendapatkan sekolah yang kamu tuju (pilihlah 3-4 universitas yang sesuai dengan keadaanmu maupun kemampuan orangtuamu). Carilah website universitas-universitas itu di Internet, catat code masing-masing universitas. Ini penting untuk mengirim hasil test TOEFL nantinya. Carilah alamat ”Contact” dan rajinlah kirim E-mail kepada mereka.  Sekolah di luar negeri bisa apply lewat E-mail. Mereka akan memberikan syarat-syarat yang harus kamu penuhi, seperti
            - Punya paspor RI
            - Nilai TOEFL antara 550 ~ 650 (Paper Base) atau 80 ~ 115 (Internet Based Test).
              Untuk informasi TOEFL selanjutnya, silakan kunjungi website berikut :
- SAT-1 ( Test SAT-1 diselenggarakan dalam setahun hanya 1-2 kali di JIS (Jakarta International School – Pondok Indah) perhatikan jadual test dan pendaftarannya jangan sampai lewat, karena akan menunggu 6 – 12 bulan lagi.
- Affidavit – semacam pernyataan jaminan orangtua atas biaya kuliah dan biaya hidup selama setahun di USA yang di legalisir oleh Notaris. Ini agak belakangan kalau semua sudah beres, biasanya sekolah di USA mengirim form Affidavit.
-Sedangkan Visa USA untuk Pelajar, baru dapat diurus setelah kamu diterima dan mendapatkan formulir I-20 dari sekolah di USA. Untuk informasi selengkapnya klik saja: http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/form-visas.html
-Pembayaran tiket pesawat baru bisa dilakukan jika visa pelajar tersebut sudah didapatkan (dicopy untuk mengurus tiket), tetapi untuk booking bisa jauh hari sebelumnya.
            - Dan lain-lain


Memilih Sekolah
Texas A&M University
-  Kalau dana orangtuamu pas-pasan, ambilah 2 year-college lebih dahulu karena sekolah di universitas umumnya lebih mahal. Uang tuition fee di college bisa setengah dari uang tuition di universitas.  Setelah 2 tahun di college kamu bisa pindah ke universitas yang kamu inginkan. Pilihlah college yang di akreditasi oleh universitas yang akan dituju, sehingga nilai-nilai di college dapat diakui oleh universitas tersebut.
- Pilihlah sekolah dengan persyaratan TOEFL tinggi, diatas 550. Karena sekolah dengan persyaratan TOEFL tinggi bisa dipastikan sekolah itu cukup bermutu.
- Pilihlah sekolah yang jumlah muridnya cukup banyak (5000 - 7000) berarti universitas tersebut  cukup besar, banyak fakultas.
- Kalau kamu tidak punya saudara di luar negeri (Amerika) pilihlah sekolah yang dilengkapi dengan asrama (dormitory). Nah, kalau kamu punya prestasi akademik yang bagus di sekolah itu, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi RA (Resident Assistant) - Dengan menjadi RA kamu bisa mendapatkan tempat tinggal dan makan gratis, sambil bekerja di dormitory. Dan, kamu masih mendapatkan tambahan uang saku.
- Kalau kamu  pandai dalam  pelajaran-pelajaran yang kurang diminati orang seperti Matematika, Fisika dan Kimia, kamu bisa menjadi tutor untuk mengajari teman-teman kamu dan biasanya mereka memberi kamu sekedar uang lelah. Atau, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai tutor resmi di universitas/college  tempat kamu kuliah.
- So, sekolah di luar negeri jangan takut kekurangan biaya. Kalau kamu rajin, smart dan niat mau kerja sedikit, kamu  tidak bakal terlantar.

Contoh salah satu college di Amrik yang cukup murah uang kuliahnya, tapi fasilitasnya lengkap:
http://www.tjc.edu/tuitionfees/index.php

Bea Siswa?
Bea siswa langsung, artinya yang kamu dapatkan sejak awal tingkat 1, adalah sangat langka, seperti  beasiswa Fulbright. Sedangkan beasiswa karena academic performance bisa kamu dapat setelah kamu sekolah di luar negeri minimal 1 semester. Syarat-syarat biasanya adalah,
-     Nilai akademik semester sebelumnya di sekolah itu  harus bagus
-     Fotocopy raport yang telah diterjemahkan oleh Penterjemah yang disumpah lalu dilegalisir oleh sekolah mulai dari SMP hingga SMA.
-          Carilah bermacam jalur beasiswa (academic performance, arts maupun sport)
-       Sertakan copy bukti (bisa berupa penghargaan atau dokumentasi foto, video) dari semua daftar prestasi yang kamu dapatkan  sejak kamu SMP dan SMA. Lampirkan semua dalam aplikasi beasiswamu.
-     Jangan hanya belajar. Ikuti berbagai macam kegiatan sosial di sekolah tersebut, sebisa mungkin yang menunjang bakat kamu.
-          Bekerja part time di sekolah  tersebut.
-          Jangan membuat ulah yang mengharuskan kamu berhubungan dengan penegak hukum.
-          Ayo, KAMU PASTI BISA

Yang Terpenting
Berdoalah. Karena sukses itu harus dicapai dengan doa. GBU 
Laporkan Pelanggaran

2 komentar:

  1. wow,,aunt...awesome...is that Lia in d pic?
    That's really cool..really usefull for people who don't have enough money,but they really want to enter a college abroad,especially usa..
    For implicyt,it's really awesome for me especially for my children later on..:e
    thanks for d wondeful information aunt..
    I do really want to see ur other information about what eva !!!
    God bless..!
    Vini..

    BalasHapus
  2. Thanks for your comment, Vini. As a parent we just made well planning for our children, but the decision is on God's hand... so it's really the great of my Lord. I and my spouse are just dust and will become a dust, but my God, He everlasting. That's why I feel that I should share my God grace to other people who want to.
    Again... appreciate for your interest to this article. GBU.

    BalasHapus