Rabu, 08 Agustus 2012

Telur, Mithos & Khasiatnya


Telur  Matang Lebih Baik
            Duluan ayam atau telur? Tak ada seorang pun yang bisa menjawab dengan benar. Itulah alasan mengapa telur disebut sebagai Magic Food.  Telur  disebut juga Wonderfull Food.  Alasannya adalah segala lapisan masyarakat makan telur karena rasanya gurih, harganya terjangkau, kandungan gizinya tinggi. Telur mengambil peran dalam kesehatan tubuh.  Nggak bisa  beli daging ayam atau daging sapi, beli telur saja sudah cukup. Murah, gurih dan menyehatkan. Itulah telur.   Lalu, si Magic Food ini dimakan mentah, setengah matang hingga matang.  Adakah bedanya?

Lebih dulu mana. Ayam atau telur?

Mitos Telur Setengah Matang
Dimasak dulu lebih baik
       
     Banyak orang beranggapan telur setengah matang mudah dicerna karena bentuknya masih lembek.  Telur setengah matang juga dipercaya mengandung protein lebih tinggi dibandingkan dengan  telur matang. Mereka beranggapan telur yang sudah dimasak akan kehilangan protein, sehingga lebih baik makan telur  mentah saja.   Itu salah besar. Karena, ikatan protein dalam telur akan menjadi lebih longgar bila telur sudah dimasak sehingga akan memudahkan proses pencernakan. Artinya telur yang sudah matang lebih mudah dicerna oleh tubuh dari pada telur mentah.






Telur Penyebab Bisul
Kebanyakan bisa bisulan lho!
           
      Banyak orang bilang, jangan terlalu banyak makan telur nanti bisa bisulan.  Benar. Itu karena kandungan lemak yang terdapat dalam telur jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menimbulkan bisul.  Bisul itu timbul karena ada reaksi antigen-antibodi yang memicu alergi, sehingga terjadilah bisul. Bisul karena telur hanya diderita oleh orang-orang tertentu saja.






Putih Telur Penjebab Alergi
Telur Paskah ini pasti matang
            Protein yang terkandung dalam putih telur langsung diserap pembuluh darah. Putih telur inilah yang bersifat sebagai antigen, yang memunculkan terjadinya alergi. Hal itu terutama terjadi pada telur yang dikonsumsi mentah atau setengah matang. Putih telur mentah juga mengandung avidin, ialah zat yang menghambat penyerapan biotin.  Biotin adalah salah satu vitamin yang berperan dalam proses sintesis asam lemak. Avidin bisa lepas dari telur karena proses pemanasan. Jadi makanlah telur yang  sudah matang agar tubuh dapat menyerap vitamin dalam ada dalam telur dengan baik.



Sumber Gizi Pada Kuning Telur
Kolesterol di kuningnya
             
       Sumber gizi telur sebagian besar terdapat pada kuningnya. Zat besi dan vitamin A juga terkonsentrasi pada kuning telur.  Kandungan protein, vitamin A, lemak dan zat besi tidak jauh berbeda antara telur matang dan telur mentah. Tetapi, kontaminasi bakteri Salmonela yang terdapat pada telur mentah kemungkinan besar akan mengganggu kesehatan secara serius. Bakteri Salmonella dapat diinaktifkan dengan cara pemanasan.  Bakteri itu biasanya terdapat pada faeces telur. Jadi kalau beli telur belilah yang bersih yang tidak ada faeces ayam. Atau, cucilah lebih dahulu telur yang baru kamu beli.



  


Telur & Kolesterol
Kolesterlor telur puyuh lebih tinggi
         
     Dibandingkan dengan daging dan susu, kandungan kolesterol pada telur lebih tinggi, terutama pada kuning telur.  Kandungan kolesterol pada sebutir kuning telur adalah 213 mg. Sedangkan kebutuhan tubuh terhadap kolesterol setiap hari  sebesar 300 mg. Jadi, Mengonsumsi telur 1 butir per hari sudah memenuhi 80 % kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Karena kuning telur mengandung kolesterol cukup tinggi,  mengonsumsi 1 butir telur saja setiap hari sudah cukup




Omega 3 Dalam Telur
Omega 3 nya 15 x lipat
            Sekarang ini banyak tersedia di pasar swalayan produk telur berlabel Omega 3. Sudah terbukti bahwa kandungan Omega 3 dalam telur yang berlabel Omega 3 bisa mencapai 10 – 15 kali lipat dibandingkan dengan telur biasa. Harga telur berlabel Omega 3 memang lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa. Untuk kalian yang ingin menambah vitamin otak, baik tuh makan telur yang berlabel Omega 3,  karena Omega 3 dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak. Telur berlaberl Omega 3 ini juga rendah kolesterol.




Kandungan Omega 3  Dalam Telur Berlabel Omega 3 Bisa 15 Kali Lipat?
Sambal goreng telur Omega 3
      
       Untuk menghasilkan telur yang kaya akan Omega 3, ayam petelur diberi pakan yang mengadung biji-bijian, minyak nabati dan suplemen vitamin E. Ayam-ayam petelur ini tidak diberi pakan dari sumber hewani. Ada plus dan minusnya pada telur  yang kaya Omega 3. Telur berlabel Omega 3 kandungan Omega 6 nya lebih rendah dibandingkan dengan telur biasa.






Manfaat Telur Secara Umum

1. Sebagai  Anti Oksidant
Telur salah satu sumber yang kaya akan Selenium. Selenium adalah zat yang dipercaya sebagai antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh. Selenium dalam telur penting untuk membantu sintesis hormon tiroid

2. Membantu tubuh menghasilkan energi
Telur mengandung vitamin B2 yang dipercaya dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Vitamin B2 ini membantu metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Maka itu jangan heran kalau hanya dengan makan 1 butir telur untuk makan pagi, seseorang bisa bertahan hingga jam 10 pagi.

3. Menjaga kulit, rambut dan kuku tetap sehat
Telur kaya akan protein, ialah bagian yang terpenting dalam sel manusia. Protein ini berguna untuk membangun dan memerbaiki jaringan, termasuk jaringan  pada kulit,  rambut, kuku dan tulang.

4.  Membantu mencegah anemia
Telur kaya akan Vitamin B12, ialah nutrisi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan Vitamin B12 adalah salah satu penyebab anemia pernisiosa. Gejala anemia pernisiosa antara lain kesemutan di kaki, hilangnya rasa di tungkai  kaki dan tangan sampai depresi  hingga linglung.

5. Membantu mencegah keropos tulang
Telur mengandung phospor, ialah zat yang berguna untuk pembentukan tulang bersama kalsium. Phospor, Kalsium dan Vitamin D bekerja bersama-sama untuk membangun kekuatan tulang dan gigi. Telur juga dipercaya kaya akan Vitamin D. Dengan makan telur sebutir sehari akan menghindarkanmu dari penyakit keropos tulang  kelak nanti kamu tua.

6. Membantu melawan stres
Telur mengandung asam pantotenat. Asam pantotenat adalah vitamin anti stres. Asam ini berfungsi mendorong kelenjar adrenalin untuk menghasilkan hormon guna melawan stres.

7. Mencegah rabun senja
Telur adalah sumber yang baik dari vitamin A. Vitamin A  adalah vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan mata.

8. Telur membantu kesuburan
Telur mengandung asam folat yang bagus untuk kesuburan sperma pada pria dan oosit pada wanita.

9. Membantu menyehatkan prostat
Telur kaya akan seng. Menurut penelitian mineral ini berfungsi untuk menyehatkan prostat pada pria.

10.  Menjaga sistem kekebalan tubuh
Telur adalah sumber zat besi yang sangat baik. Selain membantu mencegah anemia, zat besi juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Orang yang kekurangan zat besi sangat berisiko terserang infeksi.


                 www.healthmad.com
                 www.ipb.ac.id

1 komentar: