Senin, 04 Maret 2013

Percaya Diri Dalam Segala Situasi


Trik Tetep Cool  Dalam  Segala Situasi


            Sobat TC,  kalian  tentu pernah mengalami hal-hal  yang membuatmu sulit membelokkan situasi dengan cepat agar tidak salah tingkah. Misalnya, pernah terjebak dalam situasi yang membuatmu malu dan nggak tahu harus berbuat apa. Akibatnya kamu menjadi salah tingkah, apalagi itu terjadi di depan umum.  Atau, mungkin, kamu ingin tetep bisa  tampil cool dalam segala situasi.  Nih, ada 25 jurus ampuh!


Pede aja, lagi!
  1. Jangan memedulikan orang lain yang  pikirkan tentang apa yang kamu pakai atau kamu lakukan. Kalau kamu merasa keren dengan busana yang kamu kenakan atau apapun yang kamu lakukan, maka orang lain juga melihatmu tampak cool. So, jangan biarkan perasaan salah merusak  penampilanmu. Pede saja  dengan yang kamu pakai dan lakukan.
  2. Jika kamu dihadapkan pada situasi yang membuatmu bete atau malu, menyeringailah. Seseorang, terutama cowok, lebih suka melihat seorang gadis yang menyeringai dari pada bermuka masam. Mereka melihatmu tampak lucu saat menyeringai. Siapa tahu dia jadi naksir kamu! Hmmm .. boleh juga nih trik!



Suer, gue gak pa pa!

  1. Buatlah sebuah "mantra" agar kamu tampak cool dan diperhatikan. Paling tidak lakukan sebuah perbuatan baik kepada teman-teman di sekitarmu atau kepada teman-teman dekatmu. Orang-orang yang melihat  perbuatanmu akan menilaimu sebagai pribadi yang cool.
  2. Jika kamu tiba-tiba tersungkur di depan orang banyak sehingga hal itu membuatmu sangat malu, jangan risau. Cepet bangkit dan tertawalah. Tertawakan sikapmu yang konyol  itu. Maka, dengan begitu, kamu bisa mengalihkan perhatian orang-orang yang melihatmu. Dan, mereka pun melupakan kekonyolanmu. Bahkan, mereka malah bisa tertawa bersamamu. Keren, kan!



Gue pandai main gitar lo!
  1.  Nggak perlu waktu berjam-jam untuk mengurusi model rambutmu. Kamu akan tetep cool bila tampil natural.   Sederhana saja, kan!
  2. Ambilah banyak waktu untuk melatih talentamu atau potensi lain yang ada dalam diri kamu. Kemudian, yakinkan kamu bisa melakukan sesuatu. Orang-orang akan menganggapmu cool jika kamu punya keahlian. Nah, kalau yang ini perlu kerja keras dan disiplin. Kamu bisa asal niat!








Kayak gue nih, Cool.

  1.  Ketahui dan sadari kesalahanmu. Dengan begitu kamu tak akan ngotot dengan masalah yang sedang terjadi. Ini memang perjuangan untuk mau menurunkan gengsi. Tetapi, kalau kamu bisa melakukannya, teman-teman akan melihatmu sebagai pribadi yang cool. Yang ini nih perlu jiwa rendah hati!
  2. Berpikirlah sebelum bicara. Jangan asal cuap. Pikirkanlah bahwa yang akan kamu katakan itu akan dapat memengaruhi orang lain untuk menerima ucapanmu. Jadi, jangan bicara yang membuat teman menjadi bete atau dongkol. Trik harus bisa menahan diri nih!
  3.  
     
     
Pede aja, lagi.

  1. Jika kamu memasuki ruangan dan tidak mengenal seorangpun, jangan grogi. Berlakukan seperti seorang selebritis. Beranggapanlah bahwa kamu tuh orang terkenal dan orang-orang yang ada di ruangan itu ingin bertemu denganmu. Dengan berpikir seperti itu akan meningkatkan kepercayaan dirimu. Boleh juga nih dipraktekkan!
  2. Stop kebiasaan menggerutu atau  ngerumpi tentang cewek gampangan. Artinya, jangan suka bergosip tentang cewek-cewek yang menurut padanganmu nggak baik. Orang-orang akan melihatmu cool kalau kamu tak suka ngomongin kejelekan orang.




Ada berita apa lagi, nih!

  1.  Buat berita-berita baru yang keren. Misalnya, ngomongin makanan  enak dan murah yang baru saja kamu jumpai. Musik-musik keren yang lagi in atau ketemu orang-orang baru di bus. Pokoknya omongkan segala sesuatu yang bisa menambah semangat dan keceriaan. Berita-berita baru yang kamu buat tiap hari akan membuat teman-temanmu menunggu-nunggu kedatanganmu. Mereka senang mendengarkan ceritamu karena kamu tuh cool abis!
  2. Jangan cepat menolak kalau kamu dimita temanmu mengantarkan ke suatu tempat atau ke sebuah pesta. Asal itu baik dan tujuannya membantu teman, lakukanlah. Mungkin temanmu butuh orang untuk mendampinginya. Dan, kamulah yang dipilih.  Kalau kamu bisa melakukannya, temanmu akan menganggapmu sebagai pahlawan. Cool kan?



Mau curhat nih, aku cinta kamu!
  1. Dengarkan kata-kata temanmu. Jadilah pendengar yang baik. Teman-teman menganggapmu sebagai pribadi yang cool bila kamu mau memerhatikan keluhan teman-temanmu, masalah-masalah temanmu atau kesulitan-kesulitannya. Walaupun kamu tidak bisa memberikan jalan keluar, minimal kamu mau mendengarkan dan memberinya semangat, itu sudah mengurangi bebannya. Belajar jadi psikolog, Bo!
  2.  Cowok atau cewek yang tampak cool dalam sebuah pesta biasanya punya banyak kesenangan. Tetapi, jika kamu bukan tipe seperti mereka, tak perlu minder. Berbicanglah dengan seseorang yang cocok denganmu. Atau dengan seseorang yang sedang duduk sendirian di pojok ruangan. Dengan begitu kamu tak tampak kuper karena bisa ngobrol dengan bebas  bersama  teman senasib. Ha ha .. cool juga nih trik 


Gue unik, kan?


  1. Kamu nggak pede dengan postur tubuhmu? Kamu nggak bisa memakai pakaian trendy yang dikenakan gadis-gadis yang punya postur seperti kapstok? Jangan stres! Stop memikirkan bodimu yang kurang menarik. Alihkan perhatianmu ke bagian tubuh yang paling kamu suka. Hmmm ... kalau  kamu punya  mata syahdu tapi badan nggak menunjang, pede saja dengan mata indahmu.
  2. Jadilah pribadi yang beda. Orang-orang mungkin berpikir kamu tuh aneh. Kalau kamu berani, pakailah topi lucu atau pakai aksesoris macam-macam. Asal kamu menganggapnya sebagai keunikan dan kamu menyukainya. Nggak masalah.  Hal-hal keren seperti itu akan membuat orang cepat mengingatmu. Kamu punya trade mark tersendiri. Hmmm .. kalau kamu berada di kerumunan banyak orang, kamu akan tampak cool sendiri. Lain dari yang lain.


Cocok kan dengan hobiku?

  1. Setiap orang punya talenta yang mengalir dalam tubuhnya, seperti  pandai menyanyi, menulis, akting atau olahraga. Dapatkan talenta itu dan berikan sentuhannya. Exspresikan dalam penampilanmu. Artinya, berpenampilanlah seperti talenta yang mengalir dalam tubuhmu. Biar penampilanmu  makin natural.
  2. Apapun alasannya jangan bertindak seperti anak yang tidak punya pendidikan. Kamu mesti pegang prinsip ini!






Jangan malas!

  1.  Jangan beranggapan bahwa dirimu sudah berpenampilan sempurna. Berkacalah dulu sebelum bepergian. Mungkin ada kotoran yang nyelip di gigimu. Itu masalah kecil, tapi fatal akibatnya kalau ada yang melihatnya, apalagi lawan  jenis. Jangan sampai, Bo!
  2.  Jangan bermalas-malasan. Bangkit dan bergegaslah. Tegakkan bahu dan angkat kepalamu apapun masalah yang sedang kamu hadapi. Sikap seperti itu akan dapat membuatmu merasa lebih tinggi dan lebih percaya diri. Lakukan hal itu, terutama jika kamu merasa tidak yakin akan hari itu.




Kalau ngomong yang sopan, dong!

  1. Beranikan diri untuk berdiri di antara orang-orang yang lebih lemah dari kamu. Bertindaklah dan dapatkan yang ingin kamu beri. Pertolongan atau perhatianmu terhadap mereka akan membuatmu tampak lebih cool. Ini adalah pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri menjadi lebih baik, lebih dan dan terus menjadi baik.
  2. Berlakulah sopan terhadap siapa saja. Berkatalah dengan penuh tata krama. Jangan lupa mengucapkan terimakasih kalau kamu mendapatkan bantuan.  Cepatlah minta maaf jika kamu melakukan kesalahan. Atau, katakan please jika kamu inin mendapatkan bantuan. Kamu mesti hafal dan praktekkan trik keren ini. Maka kamu akan menjadi pribadi yang cool dan berjiwa besar.


Berdoalah!

  1.  Ikuti kata hati dan mimpimu. Tidak jadi masalah sulitnya hal yang kamu raih. Maju terus dan berharaplah. Adanya pengharapan dalam dirimu pertanda kamu punya segala yang diperlukan. Bagaimana cara mendapatkanya? Banyak berdoa dan berharaplah Tuhan akan menolongmu. Initnya, dekatkan dirimu pada Tuhan maka kamu akan sukses menghadapi hari-harimu.
  2. Cobalah melihat kedua sisi dari setiap kejadian. Walaupun kamu tahu bahwa kamu berada di pihak yang benar, tapi cobalah untuk mengerti yang dipikirkan orang saat itu. Cobalah untuk berada kalau  kamu berada pada posisi orang itu.  Kondisikan pikiranmu seperti yang dipikirkan lawan bicaramu. Dengan begitu kamu tidak terjebak  dalam perdebatan. Dan ini adalah belajar menjadi pribadi yang bijaksana. Kalau kamu bisa melakukannya terus-menerus bukan tidak mungkin kamu akan menjadi pimpinan yang disegani. Amin.


Suer, aku gak bohong!


  1.  Jangan berpura-pura. Teman-temanmu bisa tidak menyukaimu dalam jangka waktu yang lama jika kamu suka berpura-pura. Dan ini sulit mendapatkan kembali kepercayaan. Hal yang paling baik yang bisa membuat dirimu tetap cool adalah menujukkan siapa sebenarnya kamu. Tampilah apa adanya kamu. Coooollll.


2 komentar: