Jumat, 17 Juni 2011

Empat Macam Karakter Manusia

Manusia sudah punya karakter sejak dia dilahirkan. Tetapi karakter itu bisa sedikit berubah karena lingkungan dan pergaulan. Menurut buku Personality Plus karangan Florence Litauer ada 4 macam karakter dasar manusia.  Kamu termasuk yang mana? 

1.      Tipe Sanguin

Spongebob
Orang dengan tipe Sanguin sangat terbuka dan welcome. Dia dengan cepat bisa menyesuaikan diri dalam pergaulan. Ramah, suka humor dan cepat tanggap. Tipe Sanguin bisa akrab dengan orang yang belum lama dikenalnya. Dia tidak bisa diam, bahkan saat duduk pun suka menggerak-gerakan kakiknya. Orang-orang seperti   ini cepat melupakan masa lalunya dan lebih memikirkan kegembiraan di masa depan. Nikmatilah hidup, begitu mottonya. Mereka juga bukan pemikir berat, menikmati hidup yang tersedia. Karena sifatnya yang penggembira, orang Sanguin akan kesulitan jika berada dalam situasi  kesedihan  seperti datang ke tempat duka atau   menghibur teman yang sedang sedih. Mereka biasanya tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Sifatnya yang spontan membuatnya  cepat memutuskan segala sesuatu dan bertindak secara  emosional sehingga seringkali malah menyulitkannya. Itulah kelemahannya.
Saran        Pergilah memancing untuk mengontrol emosi  agar bisa lebih tenang dalam bertindak. 



2.      Tipe Korelik

Snoopy

   Orang-orang dengan tipe Korelik sangat terbuka, tetapi tidak super terbuka sepertri Sanguin. Dia pribadi aktif, semangat, pekerja keras dan ambisius. Dia bisa menjadi motivator bagi orang lain. Punya loyalitas tinggi dalam pekerjaan dan sangat bertanggung jawab. Karena kemauannya  yang keras, orang-orang Korelik biasanya keras kepala. Dia akan mempertahakan idenya dengan kuat karena dia sudah memikirkannya dengan matang. Dia juga tipe kompetitif dan selalu pengin menang. Orang-orang Korelik akan berusaha dengan kuat untuk mencapai yang terbaik. Sulit buat mengalahkan kemauannya. Itulah sebabnya mereka suka dengan konfrontasi. Tanpa disadarinya, orang-orang Korelik punya sikap suka memerintah. Dia kurang peka terhadap lingkungan sekitar, itulah kelemahannya.
Saran        Ikuti kegiatan sosial untuk mempertajam empati terhadap orang lain.




3.      Tipe Melankolik

Charlie Brown

    Orang-orang Melankolik sangat berbakat dan introvert. Sayangnya mereka tidak menghargai bakat yang mereka punya.  Mereka mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata-rata dan sangat menghargai karya seni. Intuisinya terhadap seni tajam. Sikapnya yang sangat tertutup membuat orang-orang Melankolik cenderung suka murung dan cepat putus asa. Orang-orang  dengan tipe ini suka mengorbankan dirinya sendiri untuk menyenangkan orang lain karena orang-orang melankolik sulit buat berteman. Dia sangat posesif dan takut kehilangan. Karena segala sesuatu dipikirkan secara serius dan perfect, orang-orang Melankolik takut dengan kegagalan. Kelemahan orang-orang Melankolik adalah mudah dikuasai oleh perasaannya sendiri yang mudah murung. Orang-orang Melankolik bisa murung berhari-hari karena kekecewaan yang dialaminya. Itulah kelemahannya.
Saran        Bertemanlah dengan banyak orang.




4.      Tipe Plegmatik

Garfield

   Orang-orang Plegmatik tertutup dan sangat diam. Sikapnya yang tenang membuat orang lain tidak tahu apa yang sedang dirasakan atau dipikirkannya. Dia memang pintar bersandiwara.  Karena sikapnya yang tidak menuntut, orang-orang Plegmatik tidak  merasa malu atau merasa bersalah akan hal salah yang dilakukannya. Ah ...  begitu saja kok, begitu pikirnya.   Orang-orang Plegmatik sangat baik dan menyenangkan. Mereka punya selera humor dan disukai  teman-temannya.  Dia bisa menguasai dirinya dengan baik, introspeksi dan peduli terhadap lingkungan. Orang-orang  tipe  Plegmatik punya sikap rasa takut terhadap hal-hal baru,  sehingga mereka tidak berani mencoba hal baru tanpa dorongan orang lain. Kelemahan orang Plegmatik adalah suka mengambil mudah segala sesuatu, tidak mau bersusah-susah. Itulah yang membuatnya kurang berani berkompetisi.
Saran        Ikut organisasi untuk mempertebal kepercayaan diri.




5 komentar:

  1. I think I'm a little of Spongebob and a little of snoopy. haha

    BalasHapus
  2. I'm agree. Maybe ... me too hua ha ha ....

    BalasHapus
  3. yang tipe plegmatik,, ada yang salah ketik tante,, silakan periksa lagi..

    BalasHapus
  4. Singgih : Ha ha .. iya .. Tx bgt yah

    BalasHapus
  5. Singgih : Iya. Iya. Txs bgt ya atas koreksinya

    BalasHapus