Rabu, 06 Februari 2013

PMS (Pre Menstrual Syndrome)

              Menstruasi nggak bermasalah? Menstruasi terjadi pada gadis yang sudah berusia sekitar 12 tahun. Jadi kalau pada usia tersebut kamu elum mengalami menstruasi, segeralah ke dokter. Sebelum menstruasi seorang gadis mengalami perubahan emosional di akrenakan kadar hormon yang meningkat atau yang disebut PMS. Apakah itu?

Pre Menstrual Syndrome


PMS
    PMS kependekan dari Pre Menstrual Syndrome atau sindrom yang terjadi sebelum menstruasi. PMS ini penting dipahami oeh setiap cewek. Para pakar bilang bahwa 80 % cewek akan menderita secara fisik maupun emosional selama menstruasi. Trus, apa yang menyebabkan PMS?
    Saat PMS wanita mengalami kelebihan hormon sehingga menyebabkan gangguan dalam tubuhnya. Akibatnya adalah mengeluarkan gejala-gejala yang mengganggu. Ada berbagai macam gejala PMS. Namun setiap individu mengalami gelaja yang berlainan. Serangan ang paling sering dikeluhkan adalah rasa capek, perut terasa lebih kembung, mengidam suatu makanan misalnya ingin makan  yang pedes-pedes atau yang manis-manis, dan yang paling umum adalah rasa bete atau ingin marah tanpa sebab. Beberapa cewek kadang-kadang diserang pusing atau menderita seperti stress atau depresi atau paranoid (perasaan takut) yang tidak terkontrol. Ada juga gelaja-gejala yang masih terjadi walau jarang ada, ialah tidur terganggu, berat badan naik (ini mungkin karena kelebihan cairan), jerawat bermunculan, sembelit bahkan sampai kebingungan.
    Gejala-gejala PMS yang berbeda tiap individu itu disebabkan oleh karena tidak seimbangnya hormon pada masing-masing individu. Kamu mungkin ngidam ikan goreng atau tempe penyet, sedangkankan teman sebangkumu malah perutnya membesar sehingga seragam sekolah yang dipakainya menjadi ketat banget. Beberapa dari kita memang merasakan gejala yang lebih kuat dari yang lain. Gejala seperti emosi yang tidak stabil atau cepat marah merupakan gejala yang umum. Ada juga yang bete tak menentu, cepat marah sampai gampang menangis. Gejala pribadi ini bisa berubah dari bulan ke bulan.  Dan ini biasanya terjadi bagi  para ABG  yang baru saja mengalami menstruasi.
    Tidak diketahui secara pasti mengapa PMS menyerang beberapa gadis lebih kuat dari yang lain. Tapi, kamu bisa mengontrolnya gejala tidak nyaman itu dengan cara diet, minum vitamin, suplement, atau rajin berolah raga. Dengan makan makanan yang dianjurkan akan mengurangi rasa PMS. Caranya ialah,
    Seminggu sebelum menstruasi cobalah makan gandum, nasi merah, sayuran segar, kacang-kacangan dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi terlalu banyak gula, kopi, makanan yang mengandung susu seperti yogurt dan keju. Kurangi mengonsumsi garam, tidak minum minuman beralkohol  dan tidak merokok. Jika kegemukan di bagian perut adalah masalahmu saat PMS, maka kamu harus mengurangi jatah makanmu dan perbanyak dengan makan buah dan sayur. Kamu juga bisa minum suplement seperti Vitamin E dan B6, kalsium dan magnesium. Diet dan suplement  membantumu menjaga keseimbangan tubuh. Nah, karena gelaja setiap orang berbeda dan setiap bulan tidak sama, maka kamu mesti mencoba  makanan apa yang terbaik buatmu saat PMS.

Banyak makan sayur saat PMS

 SAKIT PERUT
    Sakit perut bagian bawah adalah salah satu gejala PMS. Perasaan sakit dan nyeri di bawah perut dan  pungung bagian bawah, itu sebenarnya adalah  latihan  bagi tubuhmu untuk belajar melahirkan kelak. Jadi, kelak kalau melahirkan kamu nggak kaget lagi merasakan sakitnya. Sakit itu disebabkan karena  lepasnya lapisan menstruasi dalam uterus.      Ketika kamu sedang menstruasi, molekul kecil yang bernama prostaglandin dilepaskan untuk membantu kontraksi otot di uterusmu. Kontraksi inilah yang membantu uterusmu melepaskan lapisan-lapisan menstruasi. Jadi, rasa sakit pada perutmu itu normal dan merupakan tanda bahwa semuanya bekerja dengan baik.
    Tetapi jika rasa sakitmu sangat mengganggu sehingga kamu  menjadi tak bisa apa-apa, itu mungkin kamu mendapat serangan yang disebut endometriosis atau ada kista dalam ovarium. Periksakan ke dokter kalau rasa sakit makin menjadi. Tetapi kalau sakit disebabkab kerena menstruasi kamu bisa minum obat penghilang rasa sakit yang doformulasikan untuk menstruasi. Kamu juga bisa mencobanya dengan minum teh hangat yang dicampur sedikit camomile untuk mnghilangkan rasa sakit. Metode rileks seperti menghirup udara dalam-dalam sambil mengolesi bagian yang sakit dan memijatnya dengan minyak gosok atau minyak angin  juga bisa menghilangkan rasa sakitmu. Kalau  kamu suka jalan kaki atau  olahraga kemungkinan besar kamu tidak merasakan sakit yang sangat saat menstruasi. Olahraga akan melepaskan otot-otot untuk menghilangkan ketegangan  yang diakibatkan menstruasi.

Berolahragalah saat menstrsuasi

SAKIT PADA PAYUDARA
    Sakit payudara juga sering menyertai saat kamu PMS. Sakit pada payudara sebenarnya sama dengan sakit perut saat PMS. Fibrocystic atau yang disebut payudara mengeras bisa terjadi hampir pada semua cewek.  Rasa keras pada payudara ini disebabkan karena tingginya kadar hormon estrogen. Tingginya kadar hormon ini bisa membuat membuat pembuluh pada payudara membengkak,  Untuk menguranginya cobalah membatasi makanan berlemak dalam dietmu. Dianjurkan untuk menggunakan bra yang dapat mneyokong baik payudaramu seperti bra untuk olahraga agar kamu tidak merasakan sakit saat bergerak dan agar terasa nyaman.

GEJALA YANG BERBAHAYA
    Mendapatkan menstruasi adalah hal yang sehat dan normal. Rasa sakit yang dialami saat menstruasi adalah hal yang biasa. Maka itu tidak ada alasan untuk tidak masuk sekolah atau tidak ikut olahraga hanya karena menstruasi. Justru jangan tinggalkan kegiatan  olahraga saat menstruasi. Otot-otomu akan melemas karena olahraga dan bisa membuatmu tidak sakit saat menstruasi. Tetapi kalau sakit itu sangat parah dan terus-menerus, segeralah pergi ke dokter. Mungkin kamu menderita endometriosis atau adanya kista pada ovarium. Atau kemungkinan kamu terserang TSS (Toxic Shock Syndrome)
Waspadai sakitmu saat menstruasi

ENDOMETRIOSIS
    Endometriosis adalah suatu keadaan di mana endometrium berada di luar tempat yang seharusnya. Endometrium seharusnya berada di dalam rongga rahim.  Endometrium adalah lapisan yang melapisi rongga rahim dan dikeluarkan secara berkala saat menstruasi berupa  darah haid. Endometriosis biasanya terjadi pada wanita usia 30-an. Tetapi kenyataannya dapat terjadi pada masa pubertas sampai menopause.
    Sakit perut saat menstruasi, menstruasi tidak tepat jadwal, menstruasi sedikit-sedikit adalah gejala yang berhubungan dengan endometriosis. Gejala lain dari endometriosis adalah sembelit atau diare selama menstruasi, capek sampai  depresi.  Endometriosis dapat menyebabkan mandul. Segeral hubungi dokter kalau kamu menderita gelaja-gejala  tersebut.
    Timbulnya endometriosis dipercaya karena pola makan yang tidak sehat. Wanita yang mengonsumsi daging merah lebih dari 7 kali dalam seminggu kemungkinan besar akan menderita enometriosis. Endometriosis adalah penyakit yang berhubungan dengan hormon estrogen dalam darah. Makan-makanan yang mengandung fitoestrogen seperti kacang kedelai, sayuran hijau dan kacang-kacangan dapat menurunkan tingkat sirkulasi estrogen dalam darah sehingga dapat melindungi diri dari penyakit endometriosis dan kanker indung telur. Makanan yang tinggi lemak akan meningkatkan sirkulasi estrogen dalam darah.

Letak endometrium yang benar

OVARIAN CYST
    Ovariant Cyst sering disebut sebagai penyakit pada ovarium.Adalah benjolan-benjolan yang terdiri dari cairan dan darah yang terbentuk karena ovarium gagal melepaskan telur setiap bulannya. Bercak-bercak tidak normal pada celana dalam, sakit pada bagian pinggul adalah tanda-tanda yang biasa terjadi pada penyakit ini. Kista ini biasanya menghilang dengan sendirinya dan bukan merupakan penyakit yang serius. Penyebab penyakit ini tidak diketahui dan tidak juga diketahui penyembuhannya. Tetapi doktermu dapat memberi obat untuk mebuatmu nyaman saat menstruasi.

TOXIC SHOCK SYNDROME  (TSS)
    TSS adalah masalah yang serius saat menstruasi. Penyakit ini diebabkan oleh bakteri. Bakteri TSS dapat hidup di tempat yang lembab dari kulit seseorang. Wanita yang paling berisiko adalah mereka yang menggunakan tampon saat haid.  Tampon yang sudah kering karena digunakan terlalu lama akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri TSS. TSS ini ada   karena racun yang dikeluarkan oleh bakteri Staphylococcus aureus (Staph). Racun bakteri ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan  kematian.
    Gejala TSS adalah tiba-tiba terjadi demam tinggi, muntah-muntah, diare, pusing kepala, tekanan darah menjadi drop, kulit memerah seperti terbakar. Jika kamu menderita kombinasi dari gejala-gejala tersebut saat menstruasi dan menggunakan tampon, kamu harus segera pergi ke ruang emergensi atau gawat darurat karena penyakit ini berbahaya. Maka itu dirasankan untuk tidak mengunakan tampon terus-menerus. Tidak dianjurkan juga menggunakan tampon di malam hari. TSS juga sering terjadi jika kamu menggunakan tampon yang berdaya serap tinggi. Jadi kalau kamu terpaksa menggunakan tampon pilihlah yang daya serapnya rendah.  Hindari menggunakan tampon yang terlalu tebal dan lebar dan berdaya serap tinggi. Gantilah tampon secara rutin. Hati-hati, penggunaan tampon yang salah dapat membunuhmu!

Hati-hati menggunakan tampon


Sumber :
Medline Plus (www.nichd.nih.gov)
Womenshealt.gov (www.womenshealth,gov)
Human Reproduction ( www.humrep.oxfordjournals.org )

   
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar