Kamis, 05 Mei 2011

Tempat Tempat Menakjubkan Di Dunia

SHILIN HUTAN BATU CINA
            Di Kunming, ibukota Propinsi Yunnan, China terdapat hutan batu yang menjulang seperti pohon.   Shilin  atau Hutan Batu tersebut merupakan daerah wisata yang paling banyak dikunjungi DI Yunnan. Luasnya  sekitar 12   kilometer persegi.  Butuh waktu beberapa hari untuk melihat keseluruhan batu yang ada. Batu-batu tersebut  bentuknya aneh-aneh. Ada yang seperti orang, pohon atau seperti binatang. Nama yang diberikan kepada batu-batu  tersebut sesuai dengan bentuknya. Ada nama Bukit Pedang Lautan Api karena bentuknya tajam-tajam seperti pedang dan sangat luas. Nama Perempuan  Menunggu Suami karena  batu tersebut bentuknya menyedihkan,  seperti seorang perempuan yang sedang menunggu suaminya yang tak kunjung pulang.  Ada puncak batu yang namanya Ibu dan Anak karena  bentuknya seperti seorang ibu yang sedang menggandeng anaknya. Kalau dilihat dari atas daerah tersebut seperti lautan batu.
            Konon, batu-batu itu sudah ada sejak zaman Paleozoic,  270 juta tahun yag lalu. Dulunya kawasan Stone Forest adalah lautan. Batu-batu  itu terbentuk dari sedimen yang muncul sedikit demi sedikit karena pergeseran yang terjadi di  kerak Bumi.  Shilin terbagi dalam beberapa lanskap, yaitu komplek batu hutan hitam, gua batu besar dan kecil, danau persegi batu, gua batu dan komplek batu air terjun. Pelancong yang  piknik ke Shilin tak henti-hentinya berdecak  kagum menyaksikan keajaiban alam ini.  Decakan-decakan pengunjung itu bisa menimbulkan suara yang unik, gemerisik. UNESCO menyatakan Shilin sebagai Remarkable Karts Geography, karena jenis Shilin khas,  yaitu batu kharsit.   


Shilin keren buat foto

Menyimpan banyak legenda














STONEHENGE INGGRIS
            Stonehenge adalah bangunan batu  raksasa yang dibuat pada zaman Perunggu dan Neolitikum, Kira-kira  2500 tahun sebelum masehi atau 5.000 tahun yang lalu.  Terletak  berdekatan dengan Amesbury, Wiltshire, Inggris, 13 km dari  Salisbury. Stonehenge dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986 .
Para wisatawan mengunjungi Sotehenge lebih  dikarenakan cerita misteriusnya.  Tidak ada yang tahu tujuan dibangunnya batu-batu raskasa tersebut. Susunan batu-batunya  terlihat aneh.  Juga ditemukan sosok mayat seorang Saxon yang dipancung dan dikebumikan di tugu peringatan tersebut. Mayat  tersebut diperkirakan berasal dari abad ke 7.   Para ahli juga tidak bisa memprediksi, dengan apa dan bagaimana para manusia primitif itu bisa memindahkan batu-batu yang beratnya mulai dari 25 – 40 ton dari  sebuah tambak galian yang jauhnya bermil-mil. Apalagi batu-batu itu disusun sedemikian rupa, tenaga dari manakah?   Para ahli  memprediksi tempat tersebut digunakan  sebagai ritual keagamaan. Mereka percaya bahwa arstiek primitif Stonehenge adalah seorang astronom handal, yang dapat memprediksi terjadinya gerhana Bulan dan  Matahari melauli batu-batu yang disusunnya. Diperkirakan Stonehenge dibentuk selama 20 juta jam dengan menggunakan peralatan primitif.
            Cerita misteri mengatakan bahwa Stonehenge adalah tempat mendaratnya machluk extraterrestrial  atau UFO. Bahkan pernah dikabarkan   ada beberapa orang melihat UFO mendarat di tempat  tersebut. Sedangkan cerita rakyat mengatakan bahwa situs yang dianggap keramat bagi penganut agama Celtic Kuno itu konon dibangun oleh penyihir Merlin. Penyihir  Merlin memindahkan batu-batu itu secara gaib dari Gunung Killaraus,  Irlandia.   Ada juga yang memprediksi  mungkin zaman dahulu ada manusia raksasa. Manusia-manusia raksasa itulah yang memindahkan batu-batu raksasa tersebut. Namun sampai kini keberadaan Stonehenge masih misterius. Hanya Tuhan yang tahu. 

Stonehenge yang misterius
Tempat obyek wisata











NAMASKARO  ISLANDIA
            Tempat ini luar biasa  menakjubkan. Namaskaro  adalah salah satu tempat yang merupakan  keajaiban  dunia. Padang luas yang terletak di sebelah  utara  danau Myvatn ini terkenal  dengan sumber lumpur yang mengandung banyak  belerang  dan uap air yang mengandung fumarol.  Di sana ada kawah lumpur raksasa yang bergolak tak ada henti.  Lumpur panas tersebut berwarna-warni karena mengandung banyak mineral.  Di Namaskaro tidak ada sumber  air bersih. Di sana juga tak ada tumbuh-tumbuhan. Tanah di sana steril. Jadi bakteri atau virus tidak bisa hidup di sana.  Pelancong bilang, Namaskaro seperti pintu gerbang neraka. Itu karena pemandangannya yang membuat bulu kuduk berdiri. Fenomena menakjubkan Namaskaro itu efek dari  pemandangan dari danau Myvatn dipadu dengan  gelembung-gelembung turbulen yang menyembur di berbagai tempat, serta hamparan kabut yang menggantung di langit luas.  Wouuuuw! Danau Myvatn adalah salah satu danau  terbesar di Islanda dan merupakan sumber air panas yang terpanas di Islandia. Danau Myvant yang airnya panas menghilangkan mitos bahwa Islandia adalah negeri beku. Di danau Myvatn banyak dihuni berbagai  macam species burung.
            Di Namaskaro ada kawah lumpur raksasa. Di sana ada deposit mineral dengan warna-warni menakjubkan. Jadi kalau ke sana mesti pakai masker dan menutup hidung.  Cara berjalannya juga mesti hati-hati karena tanah tempat berpijak bisa hancur. Di sana tidak ada penjaga. Mesti menyelamatkan diri sendiri. Siapa berani?

Lumpur panas mengandung mineral
Seperti pintu gerbang neraka







  


DIMMUBORGIR ISLANDIA
            Dimumuborgir dalam bahasa Islandia yang artinya Kastil Gelap. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat menakjubkan. Namanya bahkan    dicatut  oleh band  black metal asal Oslo, Norwegia, Dimmu Borgir. Terletak di sebelah timur danau Myvatn,  Dimmuborgir merupakan cagar alam luar biasa  luas yang dibetuk oleh lava.  Formasi batuan yang ada adalah hasil letusan gunung berapi yang terjadi 3000 tahun lalu. Dikabarkan tidak ada formasi batuan di dunia  yang terlihat begitu angker seperti di Dimmuborgir. Batu-batuan  lava itu ada yang  membentuk  goa-goa yang memuntahkan debu sulfat. Ada batu berlubang kayak goa bolong. Ada banyak kolam lava. Ada juga lubang batu yang berisi lava yang sangat  merah. Jadi kamu bisa melihat kawah lava  dengan mata telanjang. Pembentukan lava yang terkenal dinamakan Gereja. Lava membentuk sebuah gua terbuka pada kedua ujungnya dengan atap berbentuk kubah tinggi. Cerita rakyat Islandia menuturkan, Dimmuborgir layaknya tempat yang menghubungkan Bumi dengan neraka. Mereka percaya Dimmuborgir adalah tempat di mana para setan mendarat  ketika mereka dilemparkan dari langit.  

Menghubungkan BUmi dengan neraka
Seperti Gereja










PENITENTES DI PEGUNUNGAN TINGGI
            Kalau kamu hobi mendaki gunung dan bercita-cita pengin menaklukkan puncak gunung Himalaya, Pegunungan Andes, atau puncak Aconcagua Amerika Latin, kamu bakal menemui hutan-hutan penitentes unik yang menyulitkan pendakianmu. Penitentes adalah lidah-lidah es tajam yang membentang di dataran salju, sungai salju atau gletser. Penitentes ini hanya dapat dijumpai pada  daerah ketinggian. Lidah-lidah salju tersebut dinamakan penitentes karena bentuknya seperti arak-arakan para biarawan yang mengenakan tudung runcing berwarna putih.   
Penitentes terbentuk karena pantulan cahaya Matahari pada hamparan salju. Makin tebal salju dan makin kuat cahaya Matahari yang menerpanya, maka lidah-lidah penitentes akan semakin panjang, tajam  dan terlihat amat unik. Ada penitentes yang tingginya mencapai 2 meter. Jadi seperti stalagmit es gitu.  Ada juga penitentes yang terbentuk bukan karena pancaran sinar Matahari, tetapi dari hembusan angin yang amat kencang, seperti yang terjadi pada penitentes di Piuquenes, Chili-Argentina. Hembusan angin kencang tersebut berasal dari Pegunungan Andes. Salah satu penitentes terindah terdapat di Pegunungan Andes, Rio Blanco, Argentina. 

Penitentes di Rio Blanco Argentina
Festival penitentes di Spanyol









2 komentar:

  1. menakjupkan, jadi pingin jalan2 ke tempat2 menakjubkan ini......

    BalasHapus