Rabu, 10 Agustus 2011

Makanan Berbahaya Di Sekitar Kita

          Di sekitar kita banyak makanan yang membahayakan kesehatan. Biasanya makanan-makanan tersebut gurih rasanya, menarik tampilannya dan so pasti murah harganya. Banyak masyarakat tergiur membelinya. Padahal makan-makanan tersebut bisa membunuh secara perlahan. Ini dia, 

Sehat sampai tua


SOSIS &  NUGGET BULU TIKUS
Netralkan dengan Vit C
Terlalu banyak campuran
            Suka makan chicken nugget dan sosis?  Makanan gurih ini kesukaan anak-anak  dan muda remaja. Mesti waspada nih. Chicken nugget bukan hanya dibuat dari daging ayam. Sosis juga bukan hanya dibuat dari daging sapi. Campuran di  antara keduanya banyak banget. Daging ayamnya ada tapi cuma sedikit. Daging sapinya juga ada tapi cuma seuprit. Sedangkan campurannya adalah segala macam jeroan binatang, tulang-tulang lunak, semua kulit binatang yang dianggap bisa dimakan, bahkan daging tikus.  Makanya nggak heran kalau  rasanya gurih. Bukankah otak, ati, ampela dan kulit semuanya  gurih? Semua jeroan itu digiling menjadi satu.  Kemudian dibentuk menjadi nugget dan sosis. Nah, supaya nugget dan sosis berwarna  merah, ditambahlah dengan zat pewarna. Masih bersyukur kalau pewarna yang dipakai pewarna makanan. Banyak produsen yang menggunakan Rhodamin B, pewarna  baju. Trus, supaya nuggetnya berpenampilan cerah, ditambahlah asam Nitrit. Padahal asam Nitrit dan Rhodamin B bersifat karsinogenik. Hal ini terbukti ada seorang anak  menderita  Leukimia karena  dia mengonsumsi sosis setiap pagi. Diyakini kanker tulang sumsum itu dikarenakan  si anak mengonsumsi terlalu sering. Nah, karena pembuatan sosis dan nugget itu amat jorok, pernah ditemukan bulu daging tikus pada kedua macam makanan tersebut. Yang sangat menyedihkan, makanan olahan dari Indonesia terbukti mengandung bulu-bulu  binatang dalam jumlah di atas ambang batas. Namun, tak perlu gelisah, kamu yang sudah telanjur suka banget sama kedua makanan itu bisa mengatasinya dengan banyak mengonsumsi Viatmin C, yaitu banyak mengonsumsi buah dan sayur agar terhindar dari penyakit kanker.


SATE BISA MENYEBABKAN KANKER
            Sate? Hmmm .. makanan yang satu ini yummy abies apalagi kalau di makan panas-panas. Sate bumbu kacang, sate bumbu kecap semuanya sama enaknya Bikin ketagihan. Tapi, di balik  lezatnya sate, ada bahaya yang tidak kita sadari sebagai sumber penyakit yang mematikan. Yang membuat sate terasa lezat adalah karena dibakar di atas arang. Nah, arang inilah yang menyimpan zat bersifat karsinogenik. Arang yang dibuat dari kayu yang sengaja dibakar tidak sempurna untuk menyisakan karbon yg dapat masih dapat dibakar dan dapat disimpan lama. Jadi, dalam arang itu terdapat zat carbon agar arang dapat disimpan lama. FYI,  pembakaran yang sempurna akan menghasilkan H2O + CO2 dan abu. Dari pembakaran kayu yang tidak sempurna tersebut akan menyisakan senyawa carbon (C) serta senyawa2 alkaloid yang tidak terbakar dengan sempurna. Ini sumber zat karsinogenik pertama. Sumber karsinogenik kedua adalah dari daging yang dibakar sampai gosong. Sate yang dibakar sampai hangus juga tidak bagus buat kesehatan karena makanan yang dibakar sampai hangus bersifat karsinogenik. Hal itu berdasarkan penemuan bahwa ada 2 zat penyebab kanker selama proses pemanggangan, yaitu hidrokarbon polisiklik aromatik  dan asam amino heterosiklik. Hidrokarbon polisiklik yang terbentuk dalam asap ditemukan pada permukaan daging yang dibakar. Sedangkan asam amino heterosiklik ditemukan dalam daging yang dimasak dalam suhu tinggi seperti dibakar. Tetapi, kalian penggemar sate tak perlu bersedih, kalian  dapat  menetralisrnya dengan makan mentimun. Menurut penelitian mentimun dapat menetralisir kedua zat karsinogenik itu. Ini  dikarenakan mentimun mengandung asam linoleat yang dipercaya sebagai anti tumor.


MIE AYAM BAKSO BORAX
Waspadai bakso dan mie kenyal
            Mie ayam bakso makanan favorit anak-anak remaja. Harganya murah meriah, sedap mengenyangkan. Kalian penggemar mie ayam bakso mesti maspada. Ditemukan  mie yang berwarna kuning ternyata  ditambahkan pewarna batik. Mie yang kenyal, mengkilap,  tidak lengket,  dan tidak mudah patah ternyata dicampur dengan borax  atau formalin. Demikian juga dengan bakso. Bakso daging sapi asli akan berwarna seperti daging sapi. Tetapi bakso yang kenyal, berwarna putih dipastikan dicampur borax atau formalin. Kalau kamu masih penasaran, berikan bakso itu pada kucingmu. Kalau kucingmu menolak bakso  yang kamu berikan   berarti bakso tersebut berformalin. Ha ha ... kucing saja tak mau makanan berformalin ya! 
 Bukan hanya mie dan bakso yang berformalin, lontong pun ditambahkan formalin agar tidak mudah busuk. Ciri-ciri makanan  yang berborak dan berformalin adalah mudah musuk, berasa tajam,  membuat lidah bergetar dan terasa getir.  
            Borak atau formalin adalah zat kimia keras yang digunakan sebagai bahan pengawet. Kedua zat tersebut berfungi untuk membunuh kuman. Borak biasanya dipakai untuk membuat campuran deterjen, salep kulit, pengawet kayu. Sedangkan formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat. Kedua zat tersebut kalau masuk dalam tubuh dalam jumlah banyak bisa menyebakan kanker paru-paru, gangguan jantung, kerusakan hati, syaraf,  bahkan bisa membuatmu bingung dan menjadi bodoh.   Sayangi tubuhmu. 



KERUPUK PEMUTIH
Pilih yang kecoklatan
            Krupuk makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka yang  ditambah bumbu-bumbu dan perasa seperti udang, ikan atau bawang. Ada juga kerupuk yang harganya sangat murah seperti kerupuk aci atau kerupuk melarat. Kerupuk tersebut dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna dan bumbu masak.
            Kalian penggemar kerupuk mesti waspada. Seorang penjaja kerupuk yang setiap hari  memasok kerupuk di pasar-pasar Jakarta bilang, kerupuk yang berwarna putih  mengkilap dipastikan diberi pemutih. Karena sagu atau tepung tapioka kalau  sudah digoreng tidak berwarna putih. Kerupuk tanpa pemutih kalau  diporeg akan berwarna kecoklatan.  Memang, kerupuk yang berwarna kecoklatan tidak sedap dipandang dan kurang laku. Kerupuk yang mengandung borak kalau  digoreng akan mengembang, empuk, bertekstur  lembut, renyah berwarna lebih cerah.
            Pemutih yang dipakai adalah  hipoklorit, yang adalah  zat kimia berbahaya yang biasa dipergunakan untuk pemutih pakaian, membersihkan air ledeng dari kuman. Nah, kalau klorit masuk tubuh dalam jumlah banyak,  kemungkinan besar akan menimbulkan kanker kandung kemih, kanker dubur atau usus besar. Bagi wanita hamil kelebihan  klotir (klorin) akan  melahirkan bayi dengan  kelainan otak , syaraf tulang belakang rusak, bahkan keguguran. Studi pada binatang menunjukkan bahwa  klorit terbukti merusak ginjal dan hati. Jadi, waspadalah terhadap makanan yang putihnya tidak wajar, temasuk beras dan gula.



MAKANAN KRISPI  BERPLASIK
Krispi yang menggiurkan
            Makanan krispi sudah  tidak  asing lagi. Ada  lele goreng krispi, ayam, tahu goreng,  bawang goreng,  semuanya serba krispi. Renyah dan pasti gurih.  Tetapi waspadalah  kalau beli  gorengan  krispi. Konon, untuk membuat gorengan jadi krispi, pedagang   mencampurkan plastik ke dalam minyak. Plastik yang biasa digunakan adalah sedotan  atau   plastik pembungkus minyak.  Plastik-plastik  itu akan lumer dan bercampur dengan minyak panas. Minyak bercampur  lumeran plastik itulah yang membuat makanan jadi krispi dan tidak mudah melempen walau gorengan sudah dingin.  Padahal, plastik  mengandung dioxin yang bersifat carsinogen. Racun dioxin  pada  plastik akan lepas pada suhu tinggi.   Itulah mengapa tidak boleh memanaskan makanan yang masih dibungkus plastik dan jangan sekali-kali  memanaskan  makanan berplastik dalam  microwave.  

  

AFLATOKSIN PENYEBAB KANKER
Roti berjamur berbahaya
            Racun Aflatoksin dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus. Jamur ini tumbuh pada roti yang sudah berjamur, tempe busuk, kacang tanah  tengik, jamu yang sudah kadaluwarsa,  oncom tengik, kacang goreng tengik, bumbu kacang, kecap,  ikan asin berjamur  dan makanan-makanan yang disimpan  di tempat lembab.   Aflatoksin tumbuh subur pada kelembaban tinggi. Badan Kesehatan Dunia (WHO)  memasukkan Aflatoksin sebagai jamur  karsinogenik golongan 1A,   karena efek toksik yang ditimbulkannya lebih  hebat  dibadingkan dengan jamur lainnya. Terlalu sering mengonsumsi makanan berjamur akan berisiko terserang kanker hati dan  menurunnya kekebalan tubuh.  Penelitan menunjukkan, produk yang paling berisiko tercemar Aflatoksin adalah makanan yang dibuat dari kacang goreng. Tetapi  jika kacang tersebut disangrai akan menurunkan kadar Aflatoksin hingga 80 persen.  So, hati-hati beli makanan. Lihat tanggal kadaluarsa. 



PEWARNA SINTETIS PENYEBAB HEPATITIS
Waspadai makanan mencolok
            Waspadalah dengan jajanan atau minuman berwarna merah terang atau kuning terang. Makanan-makanan  tersebut  menggunakan pewarna sintetis Rodhamin B ( merah terang) atau Metanil (kuning terang). Rodhamin B dan Metanil berbahaya bagi kesehatan karena  menimbulkan iritasi saluran pernafasan, iritasi  mata, iritasi kulit bahkan sampai kanker hati. Ciri-cirinya adalah warnanya yang mencolok dan berpendar. Itu disebabkan   karena warna  sintetis  tidak homogen. Jadi kalau dicampur dalam makanan ada titik-titik hitam yang tidak bisa larut dan terasa sedikit pahit. Jajanan pasar, minuman pinggir jalan, bahkan  bumbu dapur banyak yang menggunakan pewarna sintetis.  Bahkan ada produk  terasi   yang positif mengandung Rhodamin B. Padahal di labelnya  tertulis tanpa pewarna buatan. Nah loh!  Terasi tersebut berwarna lebih cerah dibandingkan terasi yang lain.  Mengonsumsi  terus-menerus Rhodamin B bisa  menyebabkan pembengkakan hati, ginjal dan limpa.  Pewarna  berbahaya ini untuk mewarnai tekstil, bukan untuk dimakan. 



MINUMAN KALENG  MEMATIKAN
Bersihkan dulu kalengnya
            Pernah dilaporkan ada seorang wanita meninggal  sehabis  minum minuman kaleng. Setelah dilakukan  investigasi ternyata  tutup kaleng minuman  tersebut tercemar oleh kencing tikus yang sudah mengering.  Kencing  tikus mengandung bakteri leptospira yang menyebabkan penyakit leptospirosis.  Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, pegal linu, nyeri kepala dan  tulang  serta batuk. Seperti gejala flu pada umumnya.  Tetapi karena si penderita tidak mengindahkanya, bakteri ini menyerang hati,  mata dan otak. Hati dan mata menjadi berwarna kuning dan otak pun terinfeksi.  Penyakit ini bisa menimbulkan  kematian secara mendadak. Jadi, hati-hatinya ya kalau beli minuman kaleng.  Sebelum kamu meminumnya bersihkan dulu kalengnya. Cium kaleng tersebut berbau amis atau tidak. Atau, minumlah dengan menggunakan sedotan.



STYROFOAM  PENYEBAB KEMANDULAN
Makanan panas dilarang
            Styrofoam  sering dipakai buat membungkus mie ayam, mie goreng dan makanan-makanan panas lainnya.  Styrofoam mengandung styren yang membahayakan kesehatan.   Zat kima beracun styren akan lepas bila kena suhu panas dan berminyak seperti pada mie ayam atau  mie goreng.   Residu styrofoam  menyebabkan gangguan sistem endodokrin,  merusak reproduksi sampai  kemandulan. Dalam konsentrasi tinggi styren  menyebabkan kerusakan otak dan rusaknya sistem syaraf. Zat kimia ini  banyak ditemukan  pada  asap rokok, asap kendaraan bermotor dan  konstruksi gedung.  Jadi, kalu kamu beli mie rebus atau makanan lainnya,  pastikan kepada  penjualnya untuk melapisinya dengan kertas minyak. Jangan langsung dituang ke styrofoamnya. 



PLATIK BERWARNA PEMBAWA PENYAKIT         
Dilarang membungkus makanan dengan plastik ini
            Jangan membeli gorengan atau mie ayam panas-panas, langsung  dibungkus dalam plastik berwarna.  Plastik-plastik  tersebut  didaur ulang dari bahan sampah plastik dengan  proses sangat sederhana. Yaitu, sampah plastik dipotong-potong, dicuci  kemudian dilelehkan tanpa proses penyaringan. Jadi masih kotor banget. Bisa saja plastik-platik  tersebut berasal dari limbah rumah sakit atau bekas bungkus barang-barang kotor. Hiii... jijik.  Nggak heranlah kalau tas kresek berwarna  harganya murah banget.  Botol air mineral juga berbahaya jika digunakan berulang kali. Karena plastik botol  tersebut  mengandung zat karsinogen. Mencuci berulang-kali botol plastik akan membuat lapisan plastik rusak dan memudahkan zat-zat karsinogen bersatu  dengan air minum. Dalam jangka pendek sih tak terasa. Penyakit kanker itu akan muncul 10-15 tahun kemudian.



CELUPKAN  TEH  KURANG DARI  3  MENIT
Maksimal 3 menit
            Teh celup digemari karena praktis. Tetapi hati-hati, jangan mencelupkan teh ke dalam air panas lebih dari 3 menit! Kertas pembungkus  teh mengandung  chlorine yang bebahaya.  Kertas teh dibuat dari pulp (bubur kertas) yang  berasal  dari kayu. Bubur kertas  itu  aslinya berwarna coklat. Nah, supaya kelihatan putih, dicampurlah  dengan chlorine. Padahal chlorine adalah zat kimia yang biasa digunakan untuk  memproduksi  insektisida, desinfektan, pengawet, pembersih dan pemutih. Dalam proses pembuatan kertas celup, chlorine ini masih tertinggal dalam kertas  karena tidak melalui proses penetralan. Hal itu dilakukan   karena penetralan memerlukan biaya tinggi. Disarankan untuk tidak terlalu lama mencelupkan teh celup dalam air panas.  Baiknya sih  minum teh tubruk saja ya.  Aman. 





KERTAS KORAN  PEMBUNGKUS MERUSAK GINJAL
Gorengan panas dilarang
            Abang-abang  penjual gorengan dan ibu-ibu rumah tangga suka menggunakan  kertas koran buat alas gorengan yang masih panas. Banyak juga dijumpai pembungkus gorengan yang terbuat dari kantong-kantong bekas kertas print. Padahal hertas koran, majalah atau pun kertas print   mengandung   timbal (Pb)  dengan konsentrasi tinggi. Bahan yang panas dan berlemak seperti minyak goreng panas akan memudahkan pindahnya timbal ke makanan. Timbal tersebut  masuk dalam tubuh melalui  saluran pernafasan atau  saluran pencernakan,  kemudian menuju sistem peredaran darah. Setelah itu menyebar ke berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati, syaraf, otak dan tulang sumsum. Keracunan  timbal menyebabkan ginjal tidak berfungsi dan berakibat pada kelumpuhan. Sayangi ginjalmu.  Jangan sampai ginjalmu tidak berfungsi lagi dan harus melalukan cuci darah. Biayanya tinggi banget!



GORENGAN BERISIKO KANKER
Jangan dibiasakan makanan bergoreng
            Ini bukan omong kosong atau cerita bohong bahwa seseorang yang suka makan gorengan sejak kecil, seperti tempe goreng, pisang goreng atau tahu goreng, kemungkinan besar kalau tua akan berisiko terserang berbagai macam penyakit kanker.  Makanan bergoreng memang bisa membuat kecanduan karena rasanya yang gurih, apalagi dimakan panas-panas.  Minyak goreng apabila dipanaskan akan  menghasilkan lemak trans. Lemak trans ini bersifat karsinogenik. Kandungan  lemak trans akan bertambah tinggi apabila  minyak tersebut dipakai untuk menggoreng berkali-kali. Jadi, buat kamu yang suka makan gorengan, mulai dari sekarang kamu mesti bisa menguranginya. Efek jangka pendek belum kelihatan. Penyakit itu akan muncul 15 tahun kemudian. Jagalah kesehatanmu mulai dari sekarang.




18 komentar:

  1. bagus bgt info nya thx ea :)

    BalasHapus
  2. ea : taxs udah mau ngasih komentar ... moga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. berarti orang desa yg pada makan tempe busuk itu tidak sehat yaaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tempe busuk itu banyak mengandung aflatoksin. Apalagi kalau tidak dimasak lebih dahulu. Menurut penelitian, di indonesia penyakit kanker cukup tinggi. Salah satunya disebabkan karena aflatoksin. Jadi lebih baik hati-hati. Kalo pun perlu tempe busuk untuk bumbu, sebaiknya tempe busuk dimasak lebih dulu. Mungkin juga orang desa itu meninggal karena kanker akibat suka makan tempe busuk. Tapi karena tidak diperiksakan ke dokter, mereka tidak tahu sakit apa yang dideritanya. Yang muda lebih baik berjaga-jaga.Btw. Txs ya udah mau mampir ke blog gue. GBU. Salam kenal.

      Hapus
  4. Perna si baca2 artikel lain, tapi ga selengkap yang ni
    hadeh, >.< ternyata bahaya mengintai kita,,
    sterofoarm ternyata bisa berefek kemandulan yah,, bahaya bnget tuh,,
    thanx ya, udah posting ni artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andi : Txs, komennya. Bener, kita mesti waspada sendiri kalau orang lain tak mau peduli (pedagang makanan) Dari makanan-makanan itulah penyakit datang. Btw, klik artikel berguna yang lain ya .... GBU,

      Hapus
  5. thx infony...
    menambah wawasan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Delfia Agustami : Txs ya udah baca Teenage-Corner. GBU.

      Hapus
  6. Wahh lengkap informasinya, ternyata, sekian banyak penyakit yang kita derita saat ini di karenakan makanan makanan yang seperti ini .

    Thanks yaaa

    Salam kenal

    Belajar Bahasa Pemrograman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali. Bener. Kita Mesti jaga kesehatan sendiri. Met beraktivitas. GBU.

      Hapus
  7. artikel yang bagus dan bermanfaat, menyadarkan saya untuk lebih selektif memilih makanan, ternyata pemicu penyakit ada di mana mana, jadi ngeri...

    BalasHapus
  8. kita harus makan apa bro wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang begitulah kondisi jajanan di luar rumah. Kitalah yang harus hati-hati. Emang lebih enak dan sehat masakan Mama di rumah.

      Hapus
  9. PAKAR KULINER6 Maret 2014 22.39

    NGGAK CUMAN PRODUK MAKANAN DI ATAS YANG BERBAHAYA.... TERNYATA NASI JUGA BURUK BUAT KESEHATAN MANUSIA....

    SUMBER RISET UNIVERSITAS KOLOMBIA MENGATAKAN NASI BERBAHAYA UNTUK KEHIDUPAN !!!!

    HASIL RISET TERSEBUT DIKELUARKAN SETELAH UNIVERSITAS KOLOMBIA MELAKUKAN PENGAMATAN TERHADAP..............












































































































    NASI CAMPUR RACUN TIKUS

    BalasHapus
  10. Nice banget...

    BalasHapus
  11. Semoga bermanfaat. Jaga kesehatan baik-baik selagi masih muda karean kesehatan kelak kalau sudah tua tergantung juga pola makan sejak masih muda.

    BalasHapus