Minggu, 13 November 2011

Singapore-Indonesia Student Friendship Adventure Camp (SISFAC) 2011

Logo SISFAC
Singapore-Indonesia Student Friendship Adventure Camp (SISFAC)  merupakan program kerjasama bilateral antara pemerintah Republik Singapura  dengan Republik Indonesia. Bentuk kerjasama ini  tertuang dalam sebuah Nota Kesepahaman mengenai kerjasama di bidang pendidikan. Salah satu pasalnya antara lain berbunyi,  “school and university/polytechnic improvement through collaborative efforts such as school to school links, joint programme, and joint student activities”.
Tujuan SISFAC selain mempererat tali persahabatan kedua negara adalah juga untuk  membangun jiwa kepemimpinan dan kemandirian siswa, meningkatkan kreativitas, membentuk karakter, sikap, kepribadian siswa dalam berbagai kegiatan  yang diikutinya selama SISFAC. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2007,  yang direalisasikan dalam bentuk pertukaran pelajar dan budaya.
Tahun ini , SISFAC diadakan tanggal 7 – 12 November di Pantai Resort Bukittinggi, Sumatera Barat. Kegiatan ini diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan Nasional, Direktotar Pembinaan SMA, Sudit Kelembagaan dan Peserta Didik, yang bekerjasama dengan  dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemdiknas, Pemerintah serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten  Sumatera Barat.
Tahun  2011 ini peserta SISFAC berjumlah 100 orang. 50 siswa  
Dari Singapura dan 50 siswa dari Indonesia. Siswa Singapura yang terpilih mengikuti program ini berasal dari 3 sekolah yaitu Hong Kah Secondary School, Northland Secondary School, dan Boon Lay Secondary School.  Sedangkan siswa dari Indoensia berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun kegiatan yang dilaksanakan  adalah pengibaran bendera, presentasi dua negara, kunjungan kelembagaan, kegiatan kelompok, kunjungan wisata, pentas seni dan budaya, serta diakhiri dengan malam keakraban dan api unggun.
            Para peserta yang ikut SISFAC bukan sembarang siswa. Mereka yang ikut dalam program dipilih melalui seleksi yang sangat ketat. Diutamakan  bagi  siswa yang mempunyai prestasi di tingkat Nasional, seperti berprestasi dalam bidang olah raga atau ilmu pengetahuan.  Namun,  penilaian dan pemilihan peserta SISFAC tergantung dari seleksi yang diadakan tiap sekolah. Di setiap kabupaten dipilih satu orang dan satu orang pendamping yang diambil dari guru mereka masing-masing. Tahun lalu SISFAC untuk SMA pelaksanaannya dilakukan di Singapura. Sedangkan tahun ini di Bukittinggi, Sumatera Barat. Bukittinggi dipilih sebagai tempat pelaksanaan SISFAC karena  Bukittinggi memiliki pemandangan yang indah dan di sana terdapat pusat kerajinan serta seni yang tinggi yang belum dilirik oleh negara lain. Rencananya  SISFAC tahun depan untuk SMA bakal dilaksanakan di Singapura.
            Bagaimana dengan kamu? Tertarik? Ukir prestasi setinggi mungkin dan daftarkan dirimu melalui sekolahmu.

NB : SISFAC  diadakan lagi. Untuk tahun ini jatuh pada tanggal  17 - 23 November 2012. Pesertanya dipilih dari para siswa yang berprestasi di tingkat nasional, seperti pemenang pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia, Olimpiade Saint dan lainnya. Kalau ingin tahu lebih dalam tentang SISFAC, bisa hubungi bagian Direktorat Pembinaan SMA Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik. Atau bisa klik di www.siswapsma.org


Laporkan Pelanggaran
-->

38 komentar:

  1. daftar untuk 2012 kapan dan bagaimana?

    BalasHapus
  2. Coba deh hubungi : Fanny Jonathans Poyk, Phone : 081380118617. Dia kerja di Dikti. Btw, Txs ya udah baca Teenage-Corner dan kasih komentar. Sukses deh!

    BalasHapus
  3. I Miss SISFAC and i want to MEET SISFAC again :'(

    Rifaldi from: Sman7tangsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rifaldi : Kamu pernah ikut SISFAC? Share dong di sini .. Ditunggu lho.

      Hapus
    2. Aldi : It almost a year Aldi .... I really wanna meet you again.. ALL !!

      Hajrul A.F (SMAN 1 Lubuk Alung)

      Hapus
  4. katanya SISFAC 2012 sudah tidak ada lagi ya?padahal banyak sekali siswa SMA yang ingin mengikuti program ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah usulmu TC sampaikan ke yang berwenang ngurusi SISFAC. Txs udah baca Teenege-Corner dan kasih koment.

      Hapus
    2. Mulai 2012 SISFAC ditiadakan. Diganti dengan Pendidikan Karakter. Untuk lebih jelasnya, klik deh di www.siswapsma.go.id.

      Hapus
    3. tapi untuk pertukaran pelajar di luar negeri sudah tidak ada lagi ya?

      Hapus
    4. Bener. Untuk pertukaran pelajar di luar negeri sudah tidak ada. Diganti dengan Pendidijan karekter dan lomba-lomba seperti debat dalam bahasa Inggris dan olimpiade tingkat internasional.

      Hapus
  5. hello apa iya sisfac 201 udh ga ada? bbrti thn 2011 thn terakhir dng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SISFAC 2012 sudah tak ada lagi. SISFAC 2011 adalah yang terakhir. Pengin dapat bea siswa di luar negeri ya? Coba deh tanyakan langsung ke kedutaan di mana kamu ingin sekolah. Kamu juga bisa lihat di Teenage-Corner lho tentang Sholarship, Cara Smart Mendapatkan Bea Siswa Di Luar Negeri, di label Thank You. Txs ya udah mau kasih komentar.JBu

      Hapus
  6. halo. saya sangat sedih begitu tahu bahwa sisfac 2012 sudah tdk ada lagi, krn ini merupakan kesempatan utk siswa sma utk mendapatkan banyak pengalaman & ilmu yg berharga. kalau boleh tahu knp sdh tdk ada lagi ya? padahal di paragrap terakhir ada kalimat "Rencananya SISFAC tahun depan untuk SMA bakal dilaksanakan di Singapura"

    BalasHapus
  7. Betul. Itu rencana awal. SISFAC 2012 ditiadakan karena dananya tidak ada (tidak cukup) Agenda SISFAC sudah dicoret sama direktur urusan SMA P&K. Sebagai gantinya dialihkan ke olimpiade saint, seni dan olahraga. Saat ini olimpiade tersebut sedang berlangsung di Palembang.

    BalasHapus
  8. wah..
    kangen SISFAC..
    kok gag ada lagii? bukannya taun ini diadain di sgpore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. SISFAC susah tak ada lagi. Sayang memang. Coba deh kamu usul ke Departemen P&K jurusan SMA. Siapa tahu meerka mendengarkan kalo yang usul para pelajar. Btw. Txs ya komentarnya dan dah mau mampir ke blog gue. GBU

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. wah sayang ya sisfac gak ada lagi, btw its a memorable experience.. i miss u sisfac 2011!

    Devlin Hazrian Saleh (SMAN 6 BOGOR)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DEvlin : Berjuang terus. Tak ada SISFAC cari yang lain. Pasti ada dan banyak. GBU

      Hapus
  11. waaah sayang banget SISFAC 2012 ga ada,tapi saya dapet info masih jala acaranya buat 2012 di singapore :D
    semoga masih ada acaranya.paling ga reunian akbar buat peserta 2011 :D

    salam SISFAC
    indonesian contingent : Mukhlis Arifin
    SMAN 1 Bukittinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Muklis Infonya. Kita berharap SISFAC diadakan lagi.

      Hapus
    2. sama2 buk :D
      semoga tetep sukses blognya :D

      Hapus
    3. Ciklis Doank : Txs banget yah mau mampir ke blog aku. Salam kenal. GBU

      Hapus
  12. Iya, sayang banget kalau ga ada SISFAC 2012. Padahal itu bisa jadi pengalaman yg useful n unforgettable buat adek2 di bawah kita..

    Tapi, bersyukur bgt lah at least saya dn temen2 yg lain udah bisa ngerasain SISFAC 2011.. hehe
    Jadi kangen SISFAC 2011!! :')

    Indonesian Contingent : Oktafiani Tri Ananda- SMAN 1 Padang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oktafiani : bisa berbagi pengalaman ikutan SISFAC di Teenage-Corner nih.

      Hapus
  13. iya sayang banget sisfac udah gaada lagi tahun ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget. Padahal peminatnya masih banyak. Gimana kalau kalian usulin lagi ke Dep P & K, bagian Dikti,

      Hapus
  14. lahh bukannya tahun ini ada ya?di singapore kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beritanya?. share dong di Teenage-Corner. yang saya tahu sih sudah ditiadakan.

      Hapus
  15. FYI, SISFAC diadakan lagi. Untuk tahun ini jatuh pada tanggal 17- 23 November 2012. Teman-teman ingin ikutan? Mesti berprestasi tingkat nasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadinya ngeliatin kayak sertifikat2 gitu ato nunggu panggilan? ada CP-nya nggak ya?

      Hapus
    2. Yang ikutan SISFAC adalah sekolah-sekolah yang sudah ditentukan oleh DIKNAS. Jadi kita tak bisa mendaftar langsung. Coba deh minta guru atau Kepala Sekolah untuk menghubungi DIKNAS agar sekolahmu masuk dalam daftar DIKNAS. Atau paling tidak tahu syarat-syaratnya.

      Hapus
  16. miss SISFAC 2010,
    yang 2011 dimana diadakan?

    BalasHapus
  17. oya, mau nanya juga

    untuk SISFAC emang ga ada surat atau sertifikat atau sejenisnya ya?

    bisa dilampirkan waktu ada pndaftaran sekolah kan :)
    siapa yang bisa dihubungi untuk itu??
    mhon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh hubungi Direktorat Pembinaan SMA Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik, dengan Ibu Emi (08128023905) atau klik www.siswapsma.org

      Hapus