Selasa, 19 Juni 2012

Macam-macam Gaya Permainan Bola



Total Football Belanda
Kesebelasan Belanda
            Total Football adalah  sistem permainan sepakbola dengan konsep menyerang.  Dalam  Total Football  pemain tidak memiliki posisi tetap. Pemain dituntut melakukan mobilitas yang tinggi.  Jadi, pemain bisa berganti dari satu posisi ke posisi lainnya secara rotatif.  Mereka harus bisa bertindak sebagai bek, gelandang ataupun  penyerang.  Itulah mengapa dalam konsep ini   diperlukan ketangguhan fisik, otak brilyan dan skill yang tinggi.  “Diperlukan 5 sampai 6 pesepakbola  berkemampuan  setara Johan  Cruyff untuk menyempurnakan sistem ini,“kata  Rinus Michels, penciptanya.  Michels menerapkan konsep Total Football  saat  melatih tim Belanda dalam Piala Dunia 1974.  Saat itu tim Belanda kalah di final melawan Jerman. Sampai sekarang yang sering menggunakan konsep Total Football adalah kesebelasan-kesebelasan  dari  Belanda,  Belgia dan Cili. Sayangnya Total Football Belanda di Euro 2012 gagal total. Pemain Belanda kurang agresif. Tiga kali turun lapangan, tiga kali kalah. Belanda pun tersingkir dari babak kualifikasi grup. Kesebelasan Belanda menelan kekalahan berturut-turut dari Jerman, Denmark dan Portugal.


Tiki-Taka Spanyol
Kesebelasan Spanyol
            Permainan sepakbola dengan gaya Tiki Taka  biasa  dimainkan oleh tim sepakbola Spanyol.  Tiki Taka adalah ciri khas Spanyol yang diperkenalkan oleh Andres Montes pada tahun 2006 saat Piala Dunia di tahun itu. Tiki Taka adalah taktik penguasaan bola secepat mungkin. Jadi, begitu bola sudah berada di kaki,  si pemain  harus dengan cepat mengoper bola itu kepada temannya. Haram mendiamkan bola di kaki  terlalu lama. Bola yang dioper biasanya bola-bola jarak pendek.   Begitu mendapatkan bola, teman yang lain membuat  formasi agar bola dapat  dengan mudah dioper  dari kaki ke kaki.  Bol-bola umpan pendek Spanyol dengan mengutamakan penguasaan bola akan sulit diimbangi. Bola-bola umpan pendek inilah yang diterapkan kesebelasan Spanyol dan berhasil dengan baik sehingga membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2012.  Pada Euro 2012 tim Matador dilengkapi dengan pemain-pemain top seperti Fernando Torres, Iker Casillas, David Silva, Andres Iniesta, Sergio Ramos, Xavi Hernandes, Cesc Fabregas, Xabi Alonso. Tiki Taka Spanyol berhasil sukses pada Euro 2012. Tim Matador  melumat tim Azzurri di partai final dengan skor telak 4 : 0.


Kick & Rush Inggris
Kesebelasan Inggris
            Cepatlah ditendang, begitu kira-kira artinya. Ini adalah sistem permainan sepakbola cepat a la Inggris. Gaya permainan sepakbola Kick & Rush  berpatokan pada 2 hal, kecepatan dan stamina tinggi. Permainan sepakbola dengan gaya ini keras dan terus menyerang.  Kick & Rush  merupakan permainan sepakbola paling seru   dan enak ditonton. Tim yang sering menggunakan gaya ini adalah  kesebelasan  dari  Inggris dan  Irlandia.  Pola dasar gaya permainan Kick & Rush  adalah bola secepatnya ditendang ke kotak penalti untuk menciptakan kemelut di mulut gawang,  dengan pertimbangan semakin sering bola ditendang ke kotak penalti, maka semakin sering pula menimbulkan kemelut di daerah tersebut. Dan semakin sering terjadi kemelut di mulut gawang maka kemungkinan untuk menciptakan gol lebih besar.  Kick & Rush pernah diterapkan tim Inggris dan berhasil dengan baik sehingga kesebelasan Inggris  meraih Piala Dunia tahun 1966.


Samba Joga Bonito Brazil
Kesebelasan Brazil
            Permainan sepakbola a la tari  Samba  Joga Bonito  biasanya dimainkan oleh tim-tim sepakbola dari Amerika Latin, seperti Brazil, Argentina dan negara-negara yang serumpun. Joga Bonito artinya play beautiful. Atau bermain dengan  indah. Gaya permainan  sepakbola ini  sangat idah. Pemain seperti menari-mari di lapangan. Konon, gaya ini tercipta sesuai dengan kebiasaan orang-orang  Amerika Latin yang suka dan pandai menari.  Pemain mempunyai tehnik mengolah bola yang sangat lihai.   Bola yang sudah  berhasil dikuasai seperti lengket di kaki,  digiring meliuk-liuk, melewati pemain   lawan, bak penari. Para pakar sepakbola bilang, kaki orang-orang Amerika Latin lincahnya di atas rata-rata.  Itu mungkin dalam menggiring bola pun mereka lebih lincah,  seperti penari.


Body Crash Football
Kesebelasan Denmark
            Gaya permainan bola Body Crash Football sangat mengandalkan kekuatan dan ketahahan fisik. Gaya permainan ini dibawa oleh pemain-pemain bola Afrika yang datang ke Eropa. Mereka menyukai gaya ini karena fisiknya yang kuat.  Dalam mempertahankan dan merebut bola, mereka lebih  sering menggunakan tubuhnya.  Body Crash Football banyak  dimainkan oleh tim-tim sepakbola dari Denmark, Norwegia dan Swedia,  secara orang-orang di daerah  Skandinavia  ini  rata-rata punya tubuh tinggi besar.


Catenaccio Italia
Kesebelasan Italia
            Catenaccio berasal dari bahasa Italia yang artinya   gerendel atau pintu-baut. Permainan sepakbola dengan gaya ini lebih menekankan sistem  pertahanan. Artinya sistem pertahanan sangat efektif dan terorganisir di wilayah pertahanan agar pertahanan tim tidak gampang dijebol lawan.  Permainan Cantenacio pertama kali diperkenalkan oleh pelatih Argentina, Helenio Herrera pada tahun 1960. Pemain berlama-lama menahan bola,  sabar menunggu celah pihak lawan,  kemudian  menusuk dengan umpan-umpan terobosan begitu ada kesempatan. Model permainan seperti ini dibutuhkan gelandang-gelandang yang hebat. Pakar bola bilang sistem permainan bola seperti ini membosankan untuk dilihat. Tapi banyak juga  tim yang  berhasil  dengan sistim Catenaccio.  Gaya permainan bola ini banyak diterapkan oleh tim-tim dari Italia. Di Euro 2012  permainan gerendel  tim Italia cukup sukses menghantarkannya sampai ke final. Sayangnya di partai puncak itu  para pemain kelelahan. Mereka harus mengakui kehebatan Tiki Taka Spanyol yang didominasi pemain muda. Nah, bagaimana pun baiknya gaya permainan bola, kebugaran fisik tetep nomor satu.



9 komentar:

  1. sebetulnya pola2 seperti tersebut sudah tidak murni....hal ini karena di masing2 negara banyak berdatangan pemain asing yang turut meramaikan liga2 di negara itu...sehingga terjadilah akulturasi sistem sepakbola...inilah yang disebut sepak bola modern...sepak bola modern itu belum ada bentuk yang baku....pola permainannya dinamis menurut tim mana yang akan dihadapi....jika menghadapi tim yang sangat lemah...mereka bisa menyerang total...tetapi bila menghadapi tim yang kuat...mereka bisa juga bermain bertahan...kuncinya ada pada kelengkapan squad yang dimiliki...mereka diharuskan selain memiliki pemain penyerang yang hebat sekaligus juga memiliki pemain bertahan yang hebat...kalau bisa semuanya malah lebih baik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumahhijau090 : bener .. permainan memang sudah berkembang sedemikian kompleks. pemainpun dituntut punya skill yang tinggi. manusia mesti bersaing di segala sektor, maka ilmu dasar pun tergeser. Btw, Txs banget udah mau mampir ke blog aku. Ditunggu lagi komentar yang lain. GBU.

      Hapus
  2. mau tanya,, kalo total footbal, kiper bisa tukaran posisi sama striker ya ? xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfredo : Ha ha ... lucu ..... sepertinya kamu lebih tahu ya. Kayaknya nggak bisa deh! Kalau diperbolehkan begitu, kalau tiba-tiba kipernya pusing kepala, srtiker bisa gantiin dong ha ha ha .... Tapi boleh juga sih asal strikernya gak boleh pegang bola pakai tangan he he ....

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kompetisi pertandingan sepakbola sangat kompetitif. Gaya permainan pun semakin berkembang. Para pelatih meramu kesebelasan masing-masing disesuaikan dengan gaya sepakbola modern. Menurut pelatih TImnas Jerman, Joachim Loew, Kesebelasan Jerman menerapkan gaya cepat dan atraktif. COda deh kamu cari, gaya cepat dan atraktif itu perpaduan gaya apa aja dari dasar-dasar permainan sepakbola yang ada.

      Hapus
  4. cattenacio itu yang menciptakan arrigo sacchi bukan orang argentina....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Renza Harimurti : Halo teman, thanks ya udah mampir ke blog gue. Bisa bantu Tc Cattenaccio berasal dari mana? Tx infonya. Mungkin ada teman-teman lain yang bisa bantu?

      Hapus