Kamis, 23 Februari 2012

Narkoba Itu Pembunuh



            Loe make berarti mati! Nggak salah. Barang haram itu bisa bener-bener bisa membuat pemakai mati kalau tidak segera meninggalkannya.  Dia membuat pemakai ketagihan, merusak kesehatan, merusak mental, membuyarkan masa depan, membunuh semangat dan akhirnya bener-bener go to hell.  Narkoba bakaikan iblis yang siap mengharcurkan masa depan kamu. Hindarkan dirimu dari pengaruh barang haram ini. Jangan pernah menyentuhnya, apalagi mencicipinya. Pengin tahu efek menyeramkan yang diakibatkannya? Baca baik-baik ulasan di bawah ini.

Loe make berarti mati!

Narkoba Itu ...
            Adalah substansi yang berbentuk padat, cair atau gas yang dapat merusak mental maupun fisik bagi penggunanya. Narkoba (narkotika  dan obat berbahaya)  ada banyak macamnya.  Mereka adalah mariyuana, ekstasi, ganja, pot dan semacamnya (baca macam-macam narkoba)  Narkoba termasuk drug. Zat-zat yang dapat merusak metabolisme dan sistem kerja tubuh dinamakan drug. Jadi, alkohol dan rokok itu juga termasuk dalam drug.  Obat-obatan terlarang seperti mariyuana, ganja dan sejenisnya bisa mengakibatkan kelambatan sistem syaraf sentral sehingga akan merusak pesan-pesan yang masuk dalam sistem syaraf otak. Dan itu berakibat mengacaukan instruksi otak ke semua organ tubuh.  Apa pun jenisnya, semua obat-obatan terlarang mengandung bahan kimia jenis THC (tetrahydrocannabinol)  THC inilah yang membuat pengguna merasa melayang (stoned)

Bagaimana Bisa Stoned?
            Stoned bisa terjadi karena zat THC yang dihirup pengguna terserap ke dalam paru-paru, lalu masuk dalam aliran darah, kemudian langsung menuju otak. Si Pengguna kemudian merasa menggigil, dorongan untuk tertawa melebihi biasanya seperti orang gila, atau cuma duduk diam dengan muka bloon. Narkoba bisa membuat pengguna menjadi sangat sensitif terhadap warna, suara dan sensasi-sensasi.  Yang lebih parah si Pengguna tak ingat lagi waktu dan tempat.  Semua obat terlarang akan membuat si Pengguna ketagihan, pengin  mendapatkannya saat itu juga. Maka jangan heran kalau ada seorang pemakai  tega mencuri uang ibunya hanya untuk mendapatkan sebungkus ekstasi.

Kerugian Pakai Narkoba,
            Banyak banget. Saat si Pengguna stoned, semua koordinasi organ tubuh akan menurun. Seakan ada sesuatu yang masuk ke lorong mulut yang kering, yang menimbulkan perasaan munchies (perasaan ingin makan segala sesuatu). Perasaan ini begitu kuat sampai si Pengguna tidak bisa menahannya. Pot juga bisa membuat pengguna kehilangan kontrol, sehingga cepat membuat si Pengguna melakukan tindakan irasional seperti melakukan hubungan intim dengan siapa saja,  seks bebas, menyetir ugal-ugalan, ngawur dan perubahan lain yang di luar kontrol serta merugikan banyak orang.
            Sedangkan pemakai ganja akan kehilangan kemampuan untuk membuat keputusan dengan benar. Itu  karena pengguna ganja sudah tidak dapat lagi memikirkan akibat dari yang dilakukannya. Ganja bisa menjebabkan kehilangan konsentrasi berpikir, kehilangan memori dan paranoia (merasa sangat takut dan tertekan). Kalau si Pengguna menghisap terlalu banyak dalam satu kali isapan,  maka dia akan muntah-muntah, berhalusinasi, dan panik  seperti ada yang menyerang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Drug and Alcohol Research Centre, kalau seseorang sudah pernah menggunakan obat-obat terlarang, maka dipastikan zat kimia cannabis akan merusak kehidupan penggunanya.

Narkoba Dan Kesehatan Mental
Perhatikan hal-hal di bawah ini :
·         Jangan sampai kalian menderita canabis psikosis (kerusakan mental karena pengaruh zat kimia cannabis) Seseorang yang menderita cannabis psikosis akan kehilangan perasaan dan suka bertindak tidak logis, suka berhalusinasi, kehilangan ingatan, kebingungan dan suka berangan-angan. Dia bahkan mengalami gangguan jiwa.
·         Kalau si Pemakai pernah mengalami gangguan jiwa karena narkoba, hindari bergaul dengan para pemakai obat-obatan terlarang. Karena hal itu bisa memperburuk keadaannya dan bukan tak mungkin  kebiasaan mengonsumsi narkoba akan kambuh lagi.
·       Sangat besar kemunginan bahwa cannabis akan mempercepat terjadinya kelaian psikologis pada diri si Pengguna yang mengalami gangguan jiwa


Yang Mesti Kamu Lakukan Kalau Mendapati Temanmu OD (Over Dosis)
1.   Jagalah dirimu agar aman. Jangan melibatkan diri dalam situasi bahaya. Dalam situasi di luar kontrol seperti ini si Pemakai yang terserang  OD bisa melalukan serangan.
2.    Ajaklah si Pemakai ke tempat yang lebih tenang dan cobalah untuk menenangkannya. Karena seorang yang terserang OD merasa atau melihat sesuatu yang sebetulnya tidak ada. Dia panik. Yakinkan terus padanya bahwa perasaan-perasaan itu akan berlalu.
3.    Panggil segera ambulans jika korban tidak segera membaik atau keadaannya semakin buruk. Untuk sementara jangan memanggil polisi dulu. Karena lebih penting untuk menyelamatkan teman kamu. Tetapi jika hal itu sudah menyangkut tindak kriminal,  kamu mesti  melaporkannya  kepada yang berwajib.

Cannabis sativa
Mariyuana
Epedra sinica














Macam-macam Narkoba
1.      Cannabis atau Mariyuana ( dope, pot, grass, weed, ganja)
Adalah suatu obat depressant ( pembuat sedih dan tertekan) yang terbuat dari tumbuhan Cannabis sativa (ganja) . Sedangkan mariyuana adalah daun cannabis yang telah dikeringkan.
Cara kerjanya :  Melambatkan sistem syaraf sentral (otak) sehingga merusak koordinasi otak ke seluruh organ tubuh.
Yang terjadi jika mengonsumsi : Pengguna merasa gembira dan sangat rileks. Menaikkan nafsu makan tapi hanya dalam  bayangan (munchies). Mata merah, tertawa-tawa tanpa sebab.
Akibat jangka panjang : Cannabis atau ganja akan menyebabkan psikosis, yaitu membuat halusinasi, kehilangan ingatan dan kebingungan, merusak fungsi otak, menghilangkan motivasi dan memperlambat kerja hormon.

2.      Methamphetamine (sabu, speed, gooey, whiz)
Cristal menthamphetamine (chrystal meth, ice) adalah suatu zat stimulant (pembuat semangat) yang kuat yang dapat mempercepat pesan-pesan ke luar dan masuk ke otak.
Cara kerjanya : Zat ini akan membuat pemakainya merasa mempunyai kesadaran penuh, percaya diri tinggi, memacu kreatifitas, meningkatkan stamina, cepat tanggap, cepat memberi perhatian. Tetapi zat ini akan mempercepat detak jantung dan dapat menaikkan tekanan darah dan suhu badan.
Yang terjadi jika mengonsumsi : Mengalami penurunan nafsu makan, banyak bicara, gangguan tidur, gelisah dan kebingungan. Bentuk crystal atau ice lebih membuat ketagihan dan pemakainya seringkali mengalami gangguan-gangguan sosial, emosi tinggi dan cenderung ingin berkelahi.
Akibat jangka panjang : Kecemasan, panik, sakit kepala, serangan jantung, pernafasan terganggu, sering kram perut, suka menyerang dan sangat agresif. Efek jangka panjang dari pemakaian bentuk crystal adalah tidak berfungsinya paru-paru karena paru-paru menjadi busuk dan mengalami gagal ginjal.

3.      Ecstasy
Adalah istilah jalanan untuk obat-obatan yang mirip dalam struktur kimia MDMA (Methylenedioxymethamphetamine), yaitu kombinasi amphethamine dan halusinogen. 
Cara kerjanya :  Meningkatkan detak jantung, suhu tubuh naik, perasaan kedekatan dengan orang lain, dan gembira berlebihan.
Yang terjadi jika mengonsumsi : Pemakainya akan mengalami phase yang meningkat, kemudian mendatar, dan akhirnya jatuh menurun ketika pemakai merasa depresi dan terkucil.
Akibat jangka panjang : Pemakai akan mengalami kerusakan organ-organ otak dan cepat pikun.

4. Cocain (acid,  trips)
Adalah zat stimulan berwarna putih. Bubuk ini tidak berbau dan sering disebut cocain  hidrochloride.
Cara kerjanya : Pemakai akan mengalami rasa gembira yang mendalam, meningkatkan percaya diri dan merasa kuat secara psikis. Tetapi perasaan-perasaan berlebihan tersebut akan cepat berlalu dalam waktu singkat.
Akibat jangka panjang :  Menghisap berulang-ulang melalui hidung dapat merusak saluran hidung dan struktur yang memisahkan cuping hidung, menyebabkan paranoia dan depresi.

5. LCD (acid trips)
Adalah semacam halusinogen, ditemukan pada tahun 1938 sebagai pengobatan untuk orang-orang sakit mental.
Cara kerjanya : Menjadi sangat sensitif. Tidak ingat kapan dan di mana berada. Para pemakai akan mengalami suatu perjalanan hidup yang sangat buruk sehingga membuatnya cemas dan takut.
Akibat jangka panjang : Para pemakai akan mengingat-ingat masa lalunya, menyebabkan kemunduran mental sehingga ingatannya menjadi kacau.

6. Heroin
Heroin adalah salah satu dari kelompok obat-obatan yang disebut opiat. Heroin merupakan obat depresant yang dibuat dari morphin maupun codein dengan cara proses kimia tertentu.
Cara kerjanya : Memberikan pemakainya kesenangan yang berlebihan. Zat ini sangat membuat ketagihan sehingga membuat pemakainya langsung terikat hanya dalam beberapa kali pakai.
Akibat jangka panjang : Menstruasi tidak teratur, mandul, sembelit. Heroin yang tidak murni dapat menyebakan kerusakan hati, jantung, paru-paru dan otak.

Lebih Jauh Dengan Sabu (Methampenthamine)
            Sabu (Methamphenthamine) adalah zat yang disynthesa dari tanaman efedra (Ephedra sinica). Tanaman ini banyak tumbuh di Thailand, Cina dan Malaysia.  Efedra mengandung alkaloid yang dinamakan efedrin. Alkaloid efedrin mempunyai sifat dapat melapangkan dada sehingga alkaloid jenis ini dalam bidang kedokteran sering dipergunakan sebagai obat asma, flu dan pilek. Efedrin juga digunakan untuk obat tekanan darah rendah. Sedangkan methamphethamine adalah efedrin yang dihilangkan gugus OH-nya.

Efek Negatif Sabu
            Efek penggunaan sabu berlangsung 8-12 jam. Saat itulah si Pemakai akan  sangat gesit  namun dia gelisah seperti tidak bisa duduk dengan tenang. Kewaspadaan berlebihan dan kepercayaan dirinya meningkat sehingga sikapnya menjadi tidak terkontrol, akibatnya si Pemakai menjadi kurang perhitungan alias ngawur. Keputusan yang diambilnya pun menjadi salah.
            Sabu juga menimbulkan efek halusigonik  yang membuat panca indera salah menafsirkan. Misalnya, benda yang dekat terlihat sangat jauh. Akibatnya  kalau si Pemakai sedang menyetir mobil, dia bisa menabrak orang yang ada di dekatnya  karena pandangannya asalah.  Si Pemakai juga cenderung bersitegang dengan orang-orang di sekitarnya. Ketika sudah melalpau 12 jam, di mana efek sabu-nya habis, maka si Pemakai menjadi ketagihan. Sabu adalah zat yang sangat adiktif, sehingga si Pemakai  cenderung menambah dosisnya agar mendapatklan efek yang pernah dirasakannya.  Kelebihan takaran ini akan menimbulkan racun dan berbahaya bagi organ vital tubuh, seperti  jatung berdetak cepat, tekanan darah naik, muntah-muntah hingga koma.  Bisa dikatakan penggunaan sabu yang melewati takaran bisa merusak hampir semua organ tubuh, seperti :
Mata                           : pupil melebar
Mulut                          : menggeretakkan gigi
Kulit                            : berkeringat, mati rasa
Sistemik                      : kekebalan tubuh melemah
Peredaran darah       : pembuluh darah pecah hingga mengakibatkan stroke
Hati                             : lever membusuk
Ginjal                          : gagal ginjal
Otot                             : gemetaran, kehilangan koordinasi.

(Sumber Drug Rehab USA)


Laporkan Pelanggaran

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Ayyacute : Makasih ya mau komentar di blog gue. Kaum muda remaja mesti waspada terhadap barang haram itu. GBU.

      Hapus