Jumat, 02 Maret 2012

Diet & Mithos



Laporkan Pelanggaran


        Rame-rame mengikuti program diet agar badan langsing biar bisa pakai baju yang dijual di factory outlet.  Berbagai macam program diet diikuti. Mithos-mithos soal diet pun dipercaya. Padahal  nithos itu belum tentu benar karena sumbernya juga nggak jelas. Tapi kalau  menyangkut kelangsingan tubuh,  hal yang nggak jelas pun dipercaya.  Nha, apa saja sih  mithos-mithos itu?

Cukup sepotong!

Mithos 1 : Karbohidrat itu menggemukkan
Ganti nasi putih dengan nasi merah
            Orang menjadi takut makan karbohidrat karena zat ini bisa membuat tubuh menjadi tambun. Memang betul. Tapi, tubuh juga perlu karbohidrat. Karbohidrat akan cepat menggemukkan  badan kalau kamu menambahkan lemak di dalamnya. Misalnya, menambahkan selai kacang, mentega, keju, selai coklat pada roti panggang. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat seperti pasta, kentang, nasi dan roti sangat diperlukan sebagai sumber energi yang kita butuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Artinya, kalau kamu kekurangan karbohidrat maka badanmu terasa lemas  karena tidak ada energi cadangan. Makanlah karbohidrat dalam jumlah cukup. Kamu bisa menggati nasi putih dengan nasi merah. Roti putih dengan roti gandum. Nasi merah dan gandum mengandung sedikit karbohidrat tetapi banyak mengandung serat yang sangat bagus buat kesehatan.  Karbohidrat berguna memacu otak dan otot-otot tubuh, serta memasok energi ke berbagai fungsi tubuh seperti alat pernafasan dan jantung. Kekurangan karbohidrat akan menyebakan tubuh lemas tak berdaya, detak jatung tidak teratur, kulit keriput, pernafasan terganggu.


Mithos 2 : Tidak makan pagi dapat menurunkan berat badan
Sereal bagus buat sarapan
            Makan pagi sangat penting  sebagai sumber tenaga untuk mengawali aktivitasmu. Makan pagi sebenarnya berfungsi untuk mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh lebih mudah membakar lemak-lemak dan memberi energi yang dibutuhkan  setelah tubuh puasa pada malam harinya.  Yang mesti kamu perhatikan adalah sarapanlah dengan menu yang sehat seperti sereal, roti gandum panggang, buah-buahan dan yogurt. Makanan-makanan tersebut tidak banyak mengandung lemak, tetapi dapat memberikan enerji cukup untuk memulai aktivitasmu di pagi hari. Hindari minum yang mengandung kopi. Karena kopi bisa mengikat Calsium dalam otak sehingga malah membuatmu lemas.  




Mithos 3 : Diet bebas lemak adalah cara paling baik
Lemak sehat dalam alpukat
            Lemak memang bisa membuat tubuh  gemuk, tetapi tubuh juga membutuhkan lemak. Sangat berbahaya kalau kamu menghilangkan lemak dalam menu dietmu. Tubuh memerlukan sedikit lemak setiap hari agar otot dan persendian dapat bekerja deban baik.  Ada dua macam lemak, lemak yang menyehatkan dan  lemak yang tidak baik.  Lemak-lemak yang menyehatkan ada dalam buah zaitun (olive oil), alpukat dan kacang.  Jadi kalau kamu tidak ingin menjadi tambun, jauhi makanan yang mengandung lemak jahat seperti lemak hewan dan  daging merah, juga jauhi makanan yang banyak mengandung gula.



Mithos 4 : Tidak baik ngemil di antara makanan besar
Camilan sehat
            Menahan lapar dari makan besar yang satu ke makan besar yang lain (antara makan siang dan makan malam) dapat menurunkan metabolisme tubuh dan memungkinkan tubuh membakar lemak untuk diubah menjadi energi.  Jadi, di antara waktu makan siang dan makan malam, makanlah sedikit camilan untuk  membantu metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat membakar lemak dengan lebih cepat untuk menghasilkan energi. Akan lebih baik kalau di antara dua makan besar itu kamu ngemil buah-buahan, sayuran, kacang atau yoghurt.




Mithos 5 : Mengikuti diet dengan jalan pintas adalah cara paling hebat untuk menurunkan berat badan
Menu untuk diet
            Berbagai macam program diet ditawarkan. Untuk  menarik peminat bahkan diberikan diskon gede-gedean. Diantara berbagai macam program diet itu ada diet menurunkan berat badan dengan cepat. Diet semacam ini biasanya hanya bertahan dalam jangka pendek karena  pola makan yang dianjurkan seringkali ekstrem. Malah bisa dikatakan menyiksa. Tapi apa boleh buat. Demi badan langsing. Menyiksanya pun dijalani.  Nah, ketika program sudah selesai dan badan menjadi langsing, biasanya seseorang lupa akan program dietnya yang super ketat. Makan pun menjadi normal. Nah, badan pun menjadi bengkak kembali.   Padahal diet model seperti itu  biayanya cukup mahal. Sayang, inginnya mengambil jalan pintas, tapi malah kebobolan.  Berdietlah dengan cara yang benar.



Mithos 6 : Minum air putih membantu menurunkan berat badan
Air putih minuman paling sehat
            Air menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.  Sangat baik minum air putih dalam jumlah cukup. Takaran yang baik adalah 8 gelas sehari. Tapi, air bukanlah zat untuk mengantikan makan sehari-hari.  Hanya dengan minum air putih saja tubuhmu  tidak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.  Hal itu menyebabkan organ tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Air putih  juga berfungsi  membantu tubuh mengeluarkan kotoran dan racun.  Organ tubuh manusia itu semacam selang, mulai dari atas, turun ke bawah. Mulai dari mulut sampai ke anus. Jika kamu banyak minum air putih, maka kotoran  dan racun yang melekat pada organ tubuh otomatis akan terbuang keluar bersama urin  dan faeces. Diyakini bahwa minum air putih dalam jumlah lebih dari cukup dapat membantu  menurunkan berat badan. Namun,  kamu mesti tetep makan sesuai dengan porsimu.
                       
Laporkan Pelanggaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar