Sabtu, 11 Februari 2012

Bunga Dan Maknanya



        Di Hari Valentine hadiah apa yang pengin kamu dapatkan? Yakin, sebagian besar kamu tentu pengin mendapatkan bunga.  Karangan bunga memang lebih elegan dibandingkan dengan hadiah  yang lain. Bunga menunjukkan perhatian dan sangat romantis.  Apalagi hadiah istimewa itu disertai tulisan tangan pengirimnya. Amboi ...  Konon, masing-masing bunga punya makna tersendiri. Apakah itu?


Anyelir
Anyelir 
Bunga  beraroma cengkeh ini mempunyai banyak makna tergantung warnanya.  Tahun 1907 Anna Jarvis dari Philadelphia memilih bunga Anyelir merah jambu sebagai lambang Mother’s Day. Anyelir merah jambu dilambangkan sebagai kasih sayang abadi seorang Ibu. Sedangkan Anyelir merah dilambangkan sebagai persahabatan dan kekaguman. Anyelir putih dilambangkan sebagi raca cinta yang sangat dalam. Anyelir kuning  dilambangkan sebagai penolakan. Di Hari Valentine, kamu tinggal memilih Anyelir warna apa yang menurutmu  cocok buat seseorang yang kamu anggap spesial.  Jangan lupa  sertakan note ya. Misalnya begini, “Buat teman yang kukagumi.”





Anggrek
Anggrek
            Anggrek mempunyai arti yang sangat spesifik dan dalam. Rangkaian bunga Anggrek biasa diberikan  kepada orang-orang yang disegani, dikasihi dan  dihormati. Itu mungkin karena harga bunga Anggrek yang lebih mahal  sehingga orang memberikan bunga  Anggrek kepada orang-orang VIP. Di Hari Valentine kamu bisa memberikan rangakaian  bunga Anggrek kepada  Mama atau Guru yang paling kamu segani.  Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian Anggrek Golden Shower dari kekasihmu, dipastikan dia memujimu sebagai pribadi yang smart dan cantik.  Tetapi kalau kamu mendapatkan bunga Anggrek  warna ungu, mesti kamu pertanyakan cintanya.



Aster
Aster
Bunga Aster  sebagai simbol persahabatan ini sering digunakan untuk dekorasi pernikahan atau acara-acara resmi lainnya.  Aster dilambangkan sebagai rasa cinta, kemurnian dan kepolosan terhahap seorang sahabat.  Aster juga dilambangkan sebagai kasih sayang abadi dan sikap menghormati.  Pililah rangkaian bunga Aster untuk guru, saudara yang merayakan wisuda, saudara yang melahirkan atau  orangtua yang sedang merayakan ulangtahun perkawinan.  Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian bunga Aster dari pacar kamu di Hari Valentine, itu pertanda cintanya buatmu abadi selamanya.  Bunga Aster bisa juga kamu jadikan sebagai perantara rahasia antara kamu dan pacar kamu. Tapi, jangan lupa memberikan note di mana kalian akan nge-date .... hmmm ...  biar nggak nyasar ....



Bakung, Lily
Lily
            Bunga Bakung dalam bahasa Ibrani disebut Syosyan, dalam bahasa Yunani, Krinon.  Bunga Bakung adalah bunga yang sering  disebut dalam Al Kitab sebagai lambang keindahan. Bunga Bakung atau  bunga Lily dijadikan simbol kemuliaan,  kesucian dan keindahan.  Menurut  mithos bangsa Yunani Kuno, Lily putih berasal dari susu  yang ditumpahkan Dewi Hera ke Bumi. Boleh percaya boleh tidak. Nah, kalau di Hari Valentine  kamu dapat hadiah rangkaian bunga Lily  oranye dari seorang  cowok, itu artinya  hatinya hancur banget karena cintanya nggak kamu anggap. Kalau dia memberimu Lily macan itu sama dengan cowok pede karena cintanya nggak bakal kamu tolak. Kalau seorang cowok memberimu Lily  putih itu artinya dia cuma ingin jadi  temanmu saja.





Gladiol
Gladiol
     
       Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil.  Warna Gladiol  bermacam-macam. Ada pink, merah, kuning, pastel, orange, dan putih. Gladiol  dilambangkan sebagai simbol kekuatan karakter, ketulusan dan pengharapan. Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian Gladiol dari pacar kamu yang akan tugas, itu tandanya dia mengharapkanmu tetap setia menunggunya.  Rangkaian Gladiol bisa dijadikan pilihan saat pesta perpisahan. Nah, Di hari Valentine  pilihlah rangkaian Gladiol buat  sahabatmu yang paling dekat.  Jangan lupa sertakan note, Best Friend Forever.






Gerbera
Gerbera
            Gerbera merupakan bunga potong yang paling banyak diperdagangkan di dunia  bersama-sama dengan Mawar, Anyelir, Seruni dan Tulip.     Bunga Gerbera punya arti yang dalam banget.  Garbera dilambangkan sebagai cinta yang sudah lama terikat. Cocok buat kamu yang sudah lama pacaran dan pengin menikah.  Buat kamu,  para cowok, pilihlah rangkaian bunga  Gerbera sebagai hadiah Valentine buat pacar kamu. Sertakan juga note yang bunyinya, ” Aku  tidak bisa hidup tanpamu”.  Dari :  Belahan Jiwamu. Bunga Gerbera sebagai tanda bahwa kamulah jodoh yang paling cocok buatnya.



Seruni
Seruni
         
   Seruni atau bunga Krisan mempunya arti bermacam-macam tergantung warnanya.  Seruni  perak mengungkapkan cnita kepada sahabat. Seruni merah mengungkapkan cinta kepada lawan jenis.  Seruni kuning menyatakan cinta yang perlu diwaspadai. Artinya, kalau kamu dapat rangkaian Seruni kuning dari pacar kamu, tanyakan padanya, apakah  cintanya benar-benar buat kamu atau ada orang lain selain dirimu. Tetapi kalau kamu mendapatkan rangkaian Seruni putih, itu sebagai tanda bahwa pacar kamu memercayaimu dengan sepenuh hati.




Mawar
Mawar
            Arti bunga Mawar banyak banget. Tetapi pada umumnya bunga Mawar digunakan untuk menyatakan rasa cinta seseorang kepada kekasihnya. Kalau kamu  mendapatkan hadiah setangkai Mawar merah dari cowokmu di Hari Valentine, itu pertanda dia cinta banget sama kamu.  Kalau dia memberimu setangkai Mawar kuning, waspadalah. Dia cinta kamu tapi ada wanita lain yang lebih dicintainya. Parahnya lagi kalau dia memberimu rangkaian Mawar putih, itu pertanda pacar kamu benar-benar ingin meninggalkanmu. Nah,  diskusikan sama pacar kamu  tentang makna bunga Mawar ini.
                   


Melati
Melati
       
     Bunga putih kecil berbau harum ini dilambangkan sebagai kesucian dan kemurnian. Melati Putih  bahkan ditetapkan sebagai Puspa Bangsa  atau Bunga Nasional bagi masyarakat Indonesia.  Bunga Melati merupakan keharusan hiasan rambut bagi pengantin adat Jawa dan Sunda. Melati juga digunakan sebagai lambang pertemanan abadi. Kalau kamu mendapatkan  rangkaian bunga Melati dari seseorang yang kamu sukai atau dari sahabat cowok yang kamu taksir, pupus sudah harapan. Pasalnya, dia ingin kamu menjadi temannya saja.






Matahari
Matahari
            Bunga Matahari merupakan bunga nasional Repblik Rakyat Cina dan negara Bagian Kansas Amerika Serikat.  Warna  mencolok bunga Matahari memancarkan kegaguman dan keceriaan. Bunga ini dijadikan simbol sebagai rasa kagum terhadap seseorang atau seseorang yang patut dihargai.  Di  Hari Valentne  kamu bisa pilih rangkaian bunga Matahari buat bos kamu yang sangat kamu kagumi.  Bunga ini juga cocok buat hadiah orangtua atau nenekmu yang telah merawatmu dengan baik sejak kamu masih kecil.
         
  



           
Tulip
Tulip

       
     Bunga berbentuk lonceng ini sangat populer di Eropa sehingga muncul istilah Tulipomania, atau kegilaan akan bunga Tulip.  Orang-orang memberikan karangan bunga Tulip kepada orang-orang yang dikasihinya. Jadi, kalau di Hari Valentine ini pacarmu memberimu rangkaian bunga Tulip, hatimu boleh berbunga-bunga. Itu tandanya dia sangat tergila-gila sama kamu dan cintanya mati hanya buat kamu.  Kalau dia  memberimu bunga Tulip kuning, itu pertanda dia tak tahan melihat senyum manismu, Ahai ....







Iris
Iris
       


     Kamu boleh bangga kalau mendapat rangkaian bunga Iris dari seorang cowok. Bunga ini pertanda dia tak bisa lepas dari kamu. Artinya, dia ingin jadi pacar kamu untuk selamanya. Gombal banget yah!









Wallflower
Wallflower



            Bagi kamu yang masih hidup di zaman Siti Nurbaya, ialah kamu hay para pria yang sudah dijodohin sama orangtua. Tak perlu kehilangan akal buat menyatakan cintamu pada gadis yang kamu pilih.  Berikan padanya rangkaian Wallflower. Bunga ini akan mengatakan kepadanya  bahwa, ”Walaupun harus menyeberangi laut, melewati lautan api, aku akan tetap  mencarimu, Sayang. Cintaku  hanya untukmu ” Mana tahaaan

16 komentar:

  1. Keren, makna bunganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha .... namanya juga wartawan ....Makasih udah mampir blog aku dan kasih komentar. Salam kenal.

      Hapus
  2. Bunga-bunga yang sangat indah dan beraroma wangi, sejuta kata bisa di ungkapkan dengan bunga, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Toko Bunga. Salam kenal juga. Txs banget ya udah mau baca Teenage-Corner. Bisa lho share tentang bunga di Teenage-Corner. Toko bunga di mana nih. GBU.

      Hapus
  3. banyak arti di balik bunga....:D

    BalasHapus
  4. Saya suka bunga, terutama bunga tulip n lily :)
    Salam kenal yaaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lukisan Minimalis. Salam kenal kembali. Txs gbt yah udah mau buka Teenage-Corner. Btw, kalau saya suka sama smua bunga, terutama yang berwarna putih ,, ha ha .. tak lain adalah melati ...

      Hapus
  5. Nais post ... informatif banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog Bunga : Txs udah mau mampir ke Teenage-Corner

      Hapus
  6. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat bagi yang lainya
    http://pesankaranganbungapapan.wordpress.com

    BalasHapus
  7. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat bagi semuanya
    http://pesankaranganbungapapan.wordpress.com

    BalasHapus
  8. thanks yaa buat infonya
    http://pesankaranganbungapapan.wordpress.com

    BalasHapus
  9. thanks yaa buat infonya
    https://weddingdecorationdisurabaya.wordpress.com

    BalasHapus
  10. Makna Bunga yang mendalam ... terim kasih infonya.. inspiratif

    BalasHapus
  11. Saya suka bunga melati ... baunya harum ... tks mbak atas makna bunga melatinya...

    BalasHapus